Find Us On Social Media :

Kabar Baik Vaksin Sinovac Sebagai Booster, Antibodi Meningkat Puluhan Kali Dengan KIPI Terendah

Data terbaru menunjukan Vaksin Sinovac sebagai vaksin Booster memiliki risiko KIPI yang rendah.

GridHEALTH.id - Vaksin sinovac merupakan satu dari lima vaksin Covid-19 yang digunakan sebagai vaksin booster di Indonesia.

Terbaru, terdapat kabar baik terkait vaksin Sinovac sebagai vaksin booster ini.

Dimana menurut data dari sejumlah lembaga kesehatan independen menunjukkan bahwa vaksin dengan CoronaVac (Sinovac - Bio Farma) aman digunakan.

Keamanan ini teruji bagi anak usia lebih dari 3 tahun, lansia lebih dari 60 tahun, juga ibu hamil.

Selain itu sebagai vaksin booster, vaksin sinovac juga dapat meningkatkan antibodi hingga puluhan kali.

Bagi usia 18-59 tahun antibodi meningkat hingga 20 kali, serta lebih dari 30 kali bagi penerima lansia 60 tahun ke atas.

Fakta lainnya risiko KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) dari vaksin Covid-19 ini pun rendah.

Hal ini dipaparkan langsung oleh Clinical Researcher of Sinovac, Yaping Qiao PhD, dalam acara virtual 'Indonesian Congress Symposium on Combating Covid-19 Pandemic Without Boundaries', Minggu (16/1/2022).

Menurut Yaping, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan vaksin Sinovac menunjukan risiko KIPI yang rendah sehingga aman bagi anak-anak, serta ibu hamil dan menyusui.

Baca Juga: Penyuntikan Vaksin Booster yang Dimulai Hari ini Hanya Setengah Dosis, Ada Maksudnya

"Dalam uji klinis vaksin CoronaVac di sejumlah negara dari tahun 2020-2021, KIPI pada anak usai lebih dari 3 tahun sebagian besar adalah grade 1 dan 2 yang berupa nyeri serta demam ringan setelah penyuntikan," ujar Yaping.

Sementara dalam studi yang dilakukan pada ibu hamil dan menyusui di Brasil pada periode April – Agustus 2021, terjadi insidensi KIPI sebanyak 74,1 per 100.000 dosis.