Find Us On Social Media :

Lemak Perut Berisiko Datangkan Penyakit, Ini Cara Mudah Menguranginya

Lemak perut berisiko datangkan penyakit.

GridHEALTH.id – Lemak perut dapat membuat ukuran pinggang seseorang bertambah dan sebenarnya kurang baik untuk kesehatan.

Lemak perut disebut juga dengan nama adipositas sentral atau obesitas perut, dikutip dari National Institute of Health, Senin (17/01/2022).

Lemak di tubuh memiliki pernah penting, salah satunya adalah melindungi tubuh ketika suhu sedang ekstrem.

Terdapat dua jenis lemak  perut, yakni visceral dan subkutan. Lemak visceral adanya di dekat organ-organ vital, seperti lambung, usus, dan hati. Kedua jenis lemak di perut tersebut, memiliki hubungan dengan risiko penyakit kardiometabollik.

Namun yang paling perlu diperhatikan adalah lemak visceral, karena berkaitan dengan risiko metabolik, resistensi insulin sehingga rentan diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan penyakit lain seperti Alzheimer atau ginjal.

Penyebab adanya tumpukan lemak di perut

1. Lebih suka rebahan

Melansir Verywell Fit, Senin (17/01/2022), penumpukan lemak perut disebabkan oleh konsumsi kalori yang tinggi dan gaya hidup yang malas bergerak (mager).

2. Perlambatan metabolisme

Baca Juga: 5 Cara Mengusir Lemak Paha, Olahraga Hingga Kurangi Asupan Garam

Bertambahnya usia, juga bisa menyebabkan lemak perut karena metabolisme tubuh yang melambat. Akibatnya, hanya sedikit kalori yang terbakar dan total lemak tubuh meningkat. Kondisi seperti ini lebih mungkin terjadi pada wanita, dibandingkan pria.

3. Genetik