Find Us On Social Media :

10 Tips Perawatan Gigi Pada Penyandang Diabetes Untuk Mencegah Kerusakan

Penyandang diabetes harus menjaga kesehatan giginya dengan baik.

GridHEALTH.id - Penyandang diabetes yang tidak dapat mengontrol kadar gula darahnya dengan baik berisiko mengembangkan masalah kesehatan gigi dan mulut.

Melansir laman,  ketika kadar gula darah tinggi yang tidak terkontrol di dalam tubuh terjadi, ini dapat menyebabkan lebih banyak gula dalam air liur.

Dimana itu dapat menyebabkan bakteri berkembang biak dengan sempurna.

Alhasil bakteri inilah yang menghasilkan asam yang dapat menyerang email gigi dan menyebabkan kerusakan gigi, serta memicu gangguan mulut lainnya.

Kondisi ini tentu perlu diwaspadai, sebab berbagai gangguan yang terjadi pada penyandang diabetes umumnya tidak gampang untuk diobati.

Namun demikian, kita dapat mencegahnya sejak dini atau melakukan perawatan sehingga masalah mulut seperti kerusakan gigi yang ditimbulkan tidak terlalu parah.

Menurut laman mouthhealthy.org, dalam merawat kesehatan gigi penyandang diabetes baiknya melibatkan diri dan perawatan profesional dari dokter gigi.

Berikut adalah lima hal terkait kesehatan mulut dan gigi yang dapat dilakukan untuk kesehatan yang optimal:

- Kontrol kadar gula darah.

Baca Juga: 4 Hal Ini Bisa Buat Penyandang Diabetes Sakit Perut, Ketahui Cara Mengatasinya

Ini termasuk dalam menggunakan obat-obatan terkait diabetes yang sesuai petunjuk, mengubah pola makan yang lebih sehat dan bahkan berolahraga lebih banyak dapat membantu.

Kontrol gula darah yang baik juga akan membantu tubuh melawan infeksi bakteri atau jamur di mulut dan membantu meredakan mulut kering yang disebabkan oleh diabetes.