Find Us On Social Media :

4 Alasan Mengapa Perut Sering Mulas, Hati-hati Ada Batu Ginjal

Perut mulas bisa disebabkan berbagai hal. Kebanyakan bukan hal yang mengkhawatirkan.

GridHEALTH.id - Hampir setiap orang, dalam hidupnya, akan mengalami sakit perut. Paling sering, sakit perut berlangsung dalam waktu singkat dan mereda dengan sendirinya yang disebut perut mulas.

Kebanyakan bukan menjadi alasan yang mengkhawatirkan, tetapi bisa juga menjadi indikator untuk masalah yang lebih besar.

1. Sindrom iritasi usus besar

Irritable Bowel Syndrome kebanyakan menyerang wanita. Meskipun penyebabnya tidak diketahui, gejalanya termasuk diare, sembelit, perut mules atau kram perut.

Mereka bisa berubah menjadi sangat buruk karena mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Perawatan untuk IBS termasuk perubahan pola makan dan gaya hidup.

Untuk mengelola IBS, seseorang harus membuat beberapa modifikasi gaya hidup seperti aktif secara fisik, mengikuti jadwal tidur yang baik dan makan makanan sehat untuk mengelolanya.

2. Refluks asam lambung

Perut mulas akibat refluks asam lambung dapat menyebabkan sakit perut yang parah, nyeri dada dan batuk kronis.

Ketahui apa yang memicu mulas, bisa jadi makanan, obat-obatan, stres atau obesitas. Oleh karena itu, pengobatannya meliputi obat-obatan, pengobatan rumahan atau modifikasi pola makan.

Baca Juga: Sering Mulas di Pagi Hari? Hindari 4 Jenis Makanan Ini di Saat Sarapan

Baca Juga: Yang Harus Diketahui dan Dilakukan Ibu Hamil Saat Ketuban Pecah Dini

Sakit perut bagian atas yang menggerogoti, tenggorokan yang menyempit, dan cegukan yang membakar dapat menyebabkan rasa tak enak.