Find Us On Social Media :

Kenali Gejala MIS-C, Berisiko Dialami Anak Usai Sembuh dari Covid-19

Gejala sindrom inflamasi multisistem pada anak-anak.

GridHEALTH.id Sindrom inflamasi multisistem atau multisystem inflammation syndrome (MIS-C), membayang-bayangi anak-anak yang sembuh dari Covid-19.

Kondisi ini pertama kali diidentifikasi pada April 2020 lalu, oleh dokter yang berada di rumah sakit anak-anak di Amerika Serikat dan Inggris.

Dalam kasus yang terjadi, MIS-C sebagian besar dialami oleh anak-anak usia sekolah. Meskipun kemungkinan terjadinya cukup jarang, tapi ini merupakan kondisi yang serius.

Sindrom inflamasi multisistem pada anak-anak (MIS-C) merupakan kondisi di mana terjadi peradangan di beberapa bagian tubuh, seperti jantung, paru-paru, ginjal, otak, kulit, mata, atau saluran pencernaan.

Kematian bisa terjadi akibat MIS-C. Namun sejauh ini, anak-anak didiagnosis MIS-C kondisinya membaik setelah mendapatkan penanganan medis.

Pusat Pengendalian dan Penanganan Penyakit (CDC) Amerika Serikat mengungkapkan, hingga saat ini belum diketahui apa yang menyebabkan MIS-C pada anak-anak.

Dokter Anak Anna Sick-Samuels, M.D., M.P.H., menjelaskan, bahwa sindrom peradangan multisistem ini dipicu oleh virus penyebab Covid-19.

MIS-C bisa terjadi pada anak-anak yang tidak mengalami gejala umum Covid-19, seperti demam, sakit tenggorokan, atau batuk.

“Sindrom ini merupakan reaksi peradangan dalam tubuh sekitar empat minggu setelah terinfeksi virus SARS-CoV-2. Gejala awal sering termasuk demam, ruam, mata merah, diare dan muntah, dan mungkin memburuk selama beberapa hari,” ujarnya dikutip dari Johns Hopkins Medicine, Jumat (21/01/2022).

Baca Juga: Kasus Global Covid-19 Omicron Meningkat Lebih Dari 18 Juta Dalam Seminggu Terakhir, WHO

“Peradangan dapat mempengaruhi jantung, pembuluh darah dan organ lain, yang dapat membuat beberapa anak sangat sakit dan membutuhkan perawatan segera,” sambung Anna Sick-Samuels.

Gejala MIS-C yang perlu diperhatikan selain demam hingga diare, dilansir dari Mayo Clinic, Jumat (21/01/2022).