Find Us On Social Media :

Kenali Penyebab Moon Face, Membuat Wajah Bulat dan Cara Mengatasinya

Penyebab moon face dan cara mengatasinya.

GridHEALTH.idWajah bulat dan pipi tembam, sering disebut  membuat wajah terlihat segar dan dirasa membuat penampilan lebih menarik.

Akan tetapi, pipi tembam juga bisa terjadi karena kondisi yang dikenal dengan nama Moon face.

Dilansir dari Medicine Net, Jumat (21/01/2022), Moon face atau wajah bulan, merupakan tanda dari kondisi medis yang membuat wajah tampak membulat karena adanya timbunan lemak di sisi wajah.

Moon face sering disebut disebabkan oleh sindrom Cushing atau efek samping pengobatan steroid berkepanjangan.

Tapi selain itu, Moon face juga bisa menjadi gejala dari kondisi kesehatan yang lainnya, seperti hipotiroidisme.

Akibatnya, wajah akan terlihat lebih bulat dari biasanya. Moon face menyebabkan pipi chubby, dagu yang membulat, dan tumpukan lemak di leher.

Terjadinya Moon face dikaitkan dengan pelepasan hormon kortisol yang berlebih, sehingga meningkatkan timbunan lemak dan retensi garam serta air dalam tubuh.

Lantaran hormon kortisol yang dilepaskan banyak, nafsu makan seseorang meningkat, membuatnya mudah lapar, dan terjadi penimbunan lemak.

Lemak yang menumpuk di sisi wajah, membuat pipi tembam dan bagian wajah yang lain juga ikut terlihat membulat.

Baca Juga: Ini 5 Cara Cepat Menghilangkan Lemak di Leher, Tak Perlu Operasi

Untuk membedakan antara Moon face atau pipi tembam biasa, perlu dilakukan pemeriksaan darah dan urin agar kadr kortisol di dalam tubuh diketahui.

Diperlukan tes lain untuk memastikan penyebab kadar kortisol yang tinggi, seperti magnetic resonance imaging (MRI) atau computed tomography (CT) scan.