Find Us On Social Media :

Healthy Move, Latihan Otot Inti dengan Medicine Ball Agar Perut Rata

Latihan dengan medicine ball untuk menguatkan otot dan mendapatkan perut rata.

GridHEALTH.id - Melakukan push-up dan crunch selama ini dikenal sebagai latihan yang dapat mengencangkan otot perut sehingga mereka yang perutnya buncit bisa berharap meratakan perutnya.

Tetapi, ada cara lain untuk mendapatkan latihan otot inti di sekitar perut yang efektif, dan yang kita butuhkan hanyalah medicine ball atau bola obat.

Bola obat adalah bola berbobot yang diameternya kira-kira selebar bahu, sering digunakan untuk rehabilitasi dan latihan kekuatan.

Bola obat juga berperan penting dalam bidang kedokteran olahraga untuk meningkatkan kekuatan dan koordinasi neuromuskular.

“Bola obat adalah alat yang berguna—bola ini sangat dinamis, dan menghasilkan banyak tenaga,” Noam Tamir, C.S.C.S., pemilik TS Fitness di New York City, dikutip dari Sport Illustrated. Tamir menciptakan sirkuit medicine ball sebanyak empatlatihan untuk membantu memperkuat inti otot perut sehingga latihan bisa efektif.

1. Medicine Ball Chop (Right Side)Mulailah dengan posisi lunge, kaki kiri di depan, sambil secara bersamaan menahan medicine ball di pinggul kanan.

Jangkau bola ke atas secara diagonal, lengan lurus di depan,  jadi di udara di sisi kiri tubuh. Bawa bola med kembali ke pinggul kanan. Ulangi untuk total 10 repetisi.

Baca Juga: Healthy Move, Ingin Punggung dan Perut Lebih Kuat Lupakan Sit-Up, Ganti Dengan Plank Position

Baca Juga: 5 Tips Mencegah Keputihan Abnormal Pada Wanita, Mudah Dilakukan

2. Medicine Ball Chop (Left Side)

Mulailah dengan posisi lunge, kaki kanan di depan, sambil secara bersamaan memegang bola di pinggul kiri.