Find Us On Social Media :

Vaksinasi Covid-19 Anak Tak Sebabkan Kondisi Serius, Orangtua Tidak Perlu Khawatir

KIPI vaksinasi anak lebih rendah dibandingkan orang dewasa muda atau lansia.

GridHEALTH.id – Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) menjadi salah satu hal yang dikhawatirkan oleh orangtua, ketika anaknya menerima vaksinasi Covid-19.

Umumnya, efek samping yang dialami oleh penerima vaksin Covid-19 adalah tangan terasa berat dan nyeri di area lengan yang disuntik.

Profesor Dr dr Hindra Irawan Satari, Sp.A(K), M.TropPaed selaku Ketua Komnas KIPi mengatakan, terjadinya KIPI setelah menerima vaksin Covid-19 merupakan reaksi alamiah tubuh.

“Karena ada benda asing dimasukkan ke tubuh pakai jarum, tentu ada reaksi lokal (nyeri atau bengkak). KIPI merupakan reaksi alamiah, karena tubuh mengadakan rekasi untuk membentuk antibodi,” ujar Prof Hindra Irawan dalam webinar ‘IDAI Menjawab Kegalauan Masyarakat tentang Vaksin Covid-19 pada Anak’, Sabtu (22/01/2022).

 Baca Juga: Vaksin Covid-19 Booster Bukan Skenario yang Baik, Pfizer Beberkan Peringatan dan Efek Samping

Sehingga orangtua tidak perlu merasa khawatir, karena pemberian vaksin Covid-19 anak-anak bukan hanya dilakukan di Indonesia, tapi juga negara-negara lain di dunia.

“Pfizer dan Moderna sudah diberikan di Amerika, pada (kurang lebih) 5 juta remaja yang telah disuntik. Lalu November 2021, Amerika memberikan juga vaksin Pfizer (pada) anak usia 5-11 tahun,” ujarnya.

Dia menambahkan, “Di China Sinovac yang kita pakai, Coronavac yang kita pakai, sudah diberikan mulai umur tiga tahun. Covaxin di India juga sudah diberikan pada anak usia 12-17 tahun.”

Seperti yang diketahui, saat ini jenis vaksin Covid-19 yang diberikan kepada anak-anak usia 6-11 tahun di Indonesia adalah vaksin Sinovac. Itu sesuai dengan penerbitan Izin Penggunaan Darurat (EUA) yang dikeluarkan oleh BPOM.

 Baca Juga: IDAI: Persiapan Sebelum Anak Mendapatkan Vaksin Covid-19, dan Manfaatnya

Prof Hindra Irawan juga menjabarkan, reaksi lokal yang terjadi setelah menerima vaksin Covid-19 Sinovac, umumnya nyeri atau bengkak dengan proposis rendah, sekitar 13% (nyeri) dan 1-2% (bengkak).

Kemudian ada gejala lain yang cukup sering muncul, yakni demam dengan presentase 5%, batuk 3%, dan yang lainnya 1%. KIPI yang muncul, akan hilang dalam kurun waktu satu hingga dua hari, dengan atau tanpa pengobatan.