Find Us On Social Media :

Pemilik Kulit Berminyak Wajib Hindari 5 Makanan Berikut Ini, Jika Sayang pada Penampilan

Pemilik makanan perlu mengindari beberapa jenis makanan karena bisa mempengaruhi produksi sebum.

GridHEALTH.id – Setiap orang mempunyai tipe kulit yang berbeda-beda. Terbagi ke dalam lima jenis, yakni kulit sensitif, kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, dan kulit kombinasi.

Setiap tipe kulit tersebut memiliki ciri khasnya tersendiri. Misalnya saja kulit berminyak, umumnya terlihat lebih mengkilat dan licin, dikutip dari American Academy of Dermatology, Senin (24/01/2022).

Kulit berminyak juga biasanya mempunyai pori-pori yang ukurannya cukup besar sehingga mudah tersumbat dan rentan berjerawat atau komedo.

Untuk mengetahui tipe kulit berminyak, bisa dilakukan dengan membersihkan wajah seperti biasa dengan menggunakan sabun cuci muka yang gentle dan keringkan dengan menggunakan handuk.

Jika sudah, perhatikan apa yang dirasakan oleh kulit dan apakah kondisinya berubah setelah mencuci muka.

Kulit berminyak akan terlihat lebih matte (tidak berkilau) setelah dicuci. Namun beberapa jam kemudian, akan mengkilat karena minyak yang keluar.

Saat menyeka hidung atau wajah dengan tisu, maka pemilik tipe kulit berminyak akan melihat kondisi tisunya yang dipenuhi oleh minyak.

Merawat kulit berminyak tidak boleh sembarangan, karena rentan mengalami masalah seperti jerawat.

Selain menggunakan skincare yang tepat, pemilik kulit berminyak juga perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi agar produksi sebum tidak berlebihan.

Baca Juga: Manfaat Wortel untuk Kulit Wajah, Salah Satunya Sebagai Perawatan Alami Kulit Kering dan Berminyak

Dilansir dari Eat This, Senin (24/01/2022), berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang harus dihindari jika mempunyai kulit berminyak.

1. Soda