Find Us On Social Media :

6 Hal Penyebab Kulit Berminyak dan Cara Mengatasi Jika Berlebih

Penyebab produksi sebum berlebihan dan membuat kulit berminyak.

GridHEALTH.idKulit berminyak merupakan tipe kulit yang cukup banyak dimiliki oleh orang-orang. Minyak yang ada di kulit dihasilkan oleh kelenjar minyak yang berada di seluruh tubuh dan paling banyak ada di wajah.

Produksi sebum yang dihasilkan oleh kelenjar minyak yang ada di setiap pori-pori kulit, sebenarnya bukan hal yang buruk.

Melansir Acne.org, Minggu (30/01/2022), minyak atau sebum justru mempunyai manfaat untuk mencegah hilangnya kelembaban pada kulit.

Selain itu, kehadiran minyak juga bisa melindungi kulit dari mikrooganisme dan mencegah terjadinya peradangan kulit.

Hanya saja jika produksi minyak terlalu banyak, ini dapat berdampak buruk. Kulit berminyak akan rentan berjerawat, apalagi jika sebum mengiritasi pori-pori.

Produksi minyak di kulit tidak bisa dihentikan, karena itu merupakan proses alami tubuh. Tetapi terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan agar produksinya tidak terlalu berlebihan.

Agar bisa mengatasi produksi minyak kulit berlebihan, perlu tahu terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab kulit berminyak.

Beberapa faktor penyebab kulit berminyak cukup beragam, seperti berikut ini yang dilansir dari Healthline, Minggu (30/01/2022).

1. Genetik

 Baca Juga: Pemilik Kulit Berminyak Wajib Hindari 5 Makanan Berikut Ini, Jika Sayang pada Penampilan

Genetik ternyata memiliki peran dalam tipe jenis kulit seseorang. Kulit berminyak cenderung menurun dalam suatu keluarga.

Jika salah satu orangtua atau bahkan kedua memiliki tipe kulit berminyak, maka kemungkinan besar anaknya juga akan mempunyai kelenjar minyak yang aktif.