Find Us On Social Media :

Ketahui Penyebab dan Gejala Keringat Dingin, Tak Boleh Lagi Diabaikan

Penyebab keringat dingin

GridHEALTH.id - Sebagian orang mungkin pernah mengalami keringat dingin.

Saat mengalami keringat dingin, tubuh biasanya akan merasa menggigil.

Kita pun rasanya hanya ingin istirahat di tempat tidur dan enggan melakukan apa-apa.

Ada dua jenis kelenjar keringat, yakni ekrin dan apokrin. Ekrin ditemukan di seluruh tubuh dan membantu mengontrol suhu tubuh, sedangkan apokrin terletak di daerah selangkangan dan ketiak.

Keringat yang dihasilkan oleh kelenjar keringat ekrin sebagian besar adalah air yang membantu mendinginkan tubuh.

Sementara panas terkadang dapat memicu kelenjar keringat apokrin, kelenjar ini biasanya diaktifkan oleh stres dan perubahan hormonal, itulah sebabnya mereka memainkan peran penting dalam keringat dingin.

Penyebab keringat dingin

Melansir dari Medical News Today, kecemasan dan stres adalah pemicu paling umum untuk respons fight or flight yang menyebabkan keringat dingin.

Situasi dan kondisi lain yang memicu keringat dingin mungkin termasuk:

Baca Juga: 5 Kemungkinan Penyebab Keringat Berlebih Muncul Tiba-tiba, Salah Satunya Hamil

Gangguan kecemasan: Keringat dingin bisa menjadi gejala serangan panik, kecemasan sosial, dan kecemasan umum. Individu yang mengalami keringat dingin beserta peningkatan tingkat kecemasan yang luar biasa, harus menemui spesialis untuk mengeksplorasi pilihan pengobatan.

Nyeri dan syok: Keringat dingin disertai nyeri, sering kali karena kecelakaan atau cedera lainnya, dapat menjadi tanda peningkatan denyut jantung, aliran darah ke organ utama, dan tekanan darah rendah. Perawatan medis segera diperlukan. Syok bisa berakibat fatal jika tidak diobati.