Find Us On Social Media :

Penampilan Terganggu Gegara Rambut Berminyak, Ini Cara Mengatasinya

Penyebab rambut berminyak dan lepek, serta cara mengatasinya.

GridHEALTH.id – Rasa percaya diri bisa langsung turun jika rambut berminyak dan lepek. Jika hanya terjadi sesekali, ini bukan jadi masalah yang besar.

Minyak yang ada di rambut sebenarnya punya manfaat untuk membuatnya tetap berkilau. Tapi kalau terlalu banyak, rambut berminyak akan jadi lepek, kotor, dan rentan berketombe.

Supaya bisa diatasi dengan benar, kenali dulu apa saja faktor yang jadi penyebab rambut berminyak, dikutip dari Medicine Net, Rabu (26/01/2022).

Kondisi kulit kepala: Kelenjar minyak yang terlalu aktif di kulit kepala, bisa menyebabkan rambut berminyak. Ini juga dapat mengakibatkan terjadinya ketombe hingga rambut rontok.

- Keramas pakai air panas: Walaupun bisa bikin rilkes, tapi sebaiknya hindari keramas menggunakan air panas. Karena, dapat membuat kulit kepala iritasi, kemerahan, gatal, dan rambut berminyak.

- Terlalu sering keramas: Keramas adalah salah satu cara untuk menjaga rambut tetap bersih dan sehat. Tapi sebaiknya, jangan dilakukan terlalu sering, ya.

Terlalu sering keramas akan menghilangkan minyak yang dibutuhkan oleh rambut. Saat rambut sudah kering, kelenjar minyak pun akan memproduksi lebih banyak sebum untuk menggantikan minyak yang hilang.

- Pengaruh makanan: Makanan yang dikonsumsi benar-benar mempengaruhi seluruh tubuh, termasuk rambut. Terlalu banyak mengonsumsi asam lemak Omega-6 bisa membuat rambut berminyak, dibandingkan dengan konsumsi asam lemak Omega-3.

Kalau rambut berminyak bikin kurang percaya diri, yuk coba lakukan cara-cara berikut ini untuk mengatasinya.

Baca Juga: 5 Cara Mengurai Rambut Kusut yang Benar, Jangan Ditarik Paksa

1. Keramas dengan produk khusus

Gunakan sampo khusus rambut berminyak dan keramas dilakukan 1-2 kali seminggu. Tapi jika sering berkeringat karena aktivitas berat seperti olarhaga, keramas mungkin harus dilakukan lebih sering.