Find Us On Social Media :

Di Kulit Varian Omicron Dapat Bertahan Lama Hingga 21 Jam, Studi

Varian Omicron bisa bertahan selama 21 jam di kulit dan 3 hari di plastik.

GridHEALTH.id - Penyebaran varian Omicron yang sangat cepat, membuat protokol kesehatan lebih diperketat.

Ditambah baru-baru ini terdapat sebuah studi yang menemukan bahwa Covid-19 varian Omicron dapat bertahan lama di permukaan benda ataupun kulit.

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan asal Jepang itu menunjukkan kalau varian Omicron bisa bertahan lebih lama di benda, dibandingkan dengan varian Covid-19 lainnya, dikutip dari euronews.com, Kamis (27/01/2022).

Studi tersebut dilakukan oleh tim ilmuwan dari Universitas Kedokteran Prefektur Kyoto, Jepang.

Tetapi di studi itu, mereka menemukan bahwa varian Omicron bisa bertahan lebih lama dari strain asli, setelah melakukan serangkaian tes laboratorium.

"Studi kami menunjukkan bahwa pada permukaan plastik dan kulit, varian Alpha, Beta, Delta, dan Omicron menunjukkan waktu bertahan hidup lebih dari dua kali lipat lebih lama," kata peneliti studi tersebut

"Daripada strain Wuhan dan mempertahankan infektivitas selama lebih dari 16 jam pada permukaan kulit," sambungnya.

Di plastik, strain asli Covid-19 serta varian Alpha, Beta, Gamma, dan Delta masing-masing 56 jam, 191.3 jam, 156.6 jam, 59.3 jam, dan 114.0 jam.

Sedangkan Covid-19 varian Omicron bisa bertahan hidup selama 193.5 jam atau 8 hari di plastik, tulis studi yang dilaporkan di bioRxiv.

Baca Juga: Gelombang 3 Pandemi Mulai Terasa? Rumah Sakit di Jakarta Penuh, Warga Sudah Sulit Cari Faskes

Kemampuan bertahan varian Omicron di kulit

Dari hasil penelitian, virus asli Covid-19 bisa bertahan di kulit dengan rata-rata waktu 8.6 jam. Sementara varian Alpha 19.6 jam, Beta 19.1 jam, dan Gamma 11 jam.