Find Us On Social Media :

Kenali 'Efek Nocebo', Respons Negatif Terhadap Vaksin Covid-19

Vaksin Covid-19 memberikan efek nocebo bagi mereka yang memberikan respons negatif terhadap suntikan ini.

Covid-19 memberikan efek nocebo bagi mereka yang memberikan respons negatif terhadap suntikan ini.

GridHEALTH.id - Daftar potensi efek samping dari vaksin Covid-19 cukup panjang. Tetapi para ilmuwan sekarang mengatakan banyak reaksi merugikan yang dirasakan orang-orang bisa disebabkan bukan oleh vaksin itu sendiri, tetapi oleh "efek nocebo."

Ini terjadi ketika orang mengantisipasi respons negatif terhadap obat dan kemudian mengalami hal itu, bahkan jika mereka diberi suntikan yang berisi zat inert yang tidak mempengaruhi, misalnya air.

Ini adalah kebalikan dari efek plasebo yang lebih familiar ketika orang mengalami efek positif berkat ekspektasi positif mereka.

Menurut penelitian yang diterbitkan pada bulan Januari, sekitar tiga perempat (76%) keluhan reaksi fisik setelah dosis pertama vaksin Covid-19, dan setengah (52%) gejala setelah suntikan kedua dapat disebabkan oleh efek nocebo.

Efek nocebo dapat muncul, misalnya, jika orang membaca tentang efek samping negatif dari obat mereka. Mengharapkan reaksi negatif, orang kemudian mengalami efek tersebut.

Para ilmuwan yang dipimpin oleh Julia Haas, Sarah Ballou, Ted Kaptchuk dan Friederike Bender dari Harvard Medical School dan Philipps University di Marburg menganalisis 12 studi klinis tentang vaksinasi menggunakan vaksin Covid-19 yang berbeda.

Studi tersebut melibatkan 45.380 peserta yang melaporkan reaksi terhadap vaksin. Dari orang-orang itu, 22.802 menerima vaksin biasa dan 22.578 diberi plasebo tanpa bahan aktif.

Setelah dosis pertama mereka, 35% orang yang mendapat plasebo melaporkan reaksi mulai dari sakit kepala hingga kelelahan. Sekitar 32% melaporkan sensasi negatif setelah dosis kedua mereka.

Sementara itu, dari mereka yang diberi vaksin biasa, 46% mengatakan mereka mengalami reaksi fisik setelah dosis pertama dan sekitar 61% setelah dosis kedua.

Baca Juga: Kekebalan Super Terhadap Covid-19 Adalah Mungkin, Studi Menunjukkan Bagaimana Kita Dapat Mengakhiri Pandemi

Baca Juga: Tauge, Makanan Padat Nutrisi Ini Untuk Kesehatan Dan Kecantikan