Find Us On Social Media :

Omicron Tidak Akan Menjadi Varian Terakhir, Varian Berikutnya Diduga Akan Lebih Menular, WHO

Varian Covid-19 berikutnya akan lebih menular daripada Omicron, kata pejabat WHO

GridHEALTH.id - Pejabat di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan bahwa varian Covid-19 berikutnya akan lebih menular daripada Omicron, dan mungkin juga menghindari perlindungan vaksin. Namun, kata mereka, masih belum jelas apakah itu akan lebih mematikan atau tidak.

Selama sesi tanya jawab pada hari Minggu (30/01/2022), pejabat WHO membahas berbagai topik terkait Covid-19 termasuk varian berikutnya, tentang long-Covid-19, dan kemungkinan akhir pandemi, dll.

Maria Van Kerkhove, technical lead Covid-19 WHO, menyatakan varian of concern selanjutnya akan lebih fit, artinya akan lebih menular karena harus menyalip yang beredar saat ini.

Ini juga dapat menghindari perlindungan vaksin bahkan lebih, membuat vaksin yang ada menjadi kurang efektif. Namun, "Pertanyaan besarnya adalah apakah varian masa depan akan lebih atau kurang parah," katanya.

Tidak ada jaminan bahwa virus akan terus bermutasi menjadi jenis yang lebih ringan dan kita tidak dapat mengandalkannya, tambahnya.

Lantas, kapan pandemi COVID-19 akan berakhir? Kerkhove menjawab: Ini sepenuhnya tergantung pada kita dan bagaimana kita berperilaku.

Covid-19 belum berakhir. Untuk saat ini, kita harus tetap memakai masker dan menjaga jarak fisik. "Kita akan akan keluar dari ini (pandemi Covid-19), tetapi kami belum sampai di sana (berakhirnya pandemi)," katanya.

Mengenai efek jangka panjang dari Covid-19, WHO menyatakan bahwa pra-Omicron, diperkirakan satu dari setiap 10 pasien akan menderita Covid-panjang (long Covid-19), tetapi belum diketahui apakah Omicron akan mengubah jumlah itu.

"Covid-19 memiliki efek jangka panjang, dan kami belum sepenuhnya memahami kondisi pasca-Covid  atau apa itu Covid panjang. Ini adalah alasan lain mengapa kita perlu menghentikan penyebaran virus. Jadi, tolong jangan dengan sengaja mengekspos diri Anda ke virus," kata pernyataan WHO.

Baca Juga: Diramalkan Masih Jauh dari Endemi, WHO Anggap Pandemi Covid-19 Sebagai 'Peristiwa Luar Biasa'

Baca Juga: Hati-hati Memilih Produk Pelembap Bibir, Jika Keliru Malah Bisa Mengiritasi

Kerkhove ingin orang-orang memahami risiko paparan virus dan mengambil tindakan yang tepat seperti tidak lupa memakai masker, membawa gel tangan, mencuci tangan, dll.