Find Us On Social Media :

Omicron Adalah 'Varian Liar', Bukan Turunan Varian Sebelumnya, Studi

Varian Omicron dinilai varian liar yang lompatan protein lonjakannya di luar perkiraan.

GridHEALTH.id - Sebuah tim peneliti dari Pennsylvania State University untuk pertama kalinya mengidentifikasi asal usul Omicron dan menggambarkan profil genom dari varian SARS-CoV-2 yang sangat menular.

Omicron menyimpang dari varian SARS-CoV-2 sebelumnya sebagai hasil dari evolusi adaptif, di mana mutasi menguntungkan diturunkan ke generasi mendatang melalui seleksi alam, bukan melalui rekombinasi antara varian sebelumnya, kata mereka dalam sebuah penelitian, yang diterbitkan dalam jurnal Nature.

Dalam waktu sekitar 16 bulan, kita telah melihat tiga varian utama SARS-CoV-2 muncul - Alpha, Delta, dan Omicron.

"Ini sangat mengejutkan karena virus lain tidak membuat lompatan evolusioner besar yang berulang," kata penulis utama Maciej Boni, Associate Professor biologi, Pennsylvania State University.

Boni menunjukkan bahwa Omicron luar biasa karena membuat lompatan yang lebih besar dalam evolusi protein lonjakannya, dibandingkan dengan varian sebelumnya.

Protein lonjakannya memiliki lebih dari 30 mutasi, banyak di antaranya diketahui memengaruhi netralisasi antibodi inang.

Omicron termasuk dalam garis keturunan B.1.1, yang juga mencakup varian Alpha, tetapi Omicron secara genetik berbeda dari Alpha, dan varian menarik lainnya yang diketahui. Tim sampai pada kesimpulan ini setelah menganalisis semua 686 urutan Omicron yang tersedia pada 7 Desember 2021.

Tim kemudian menerapkan analisis seleksi pada urutan Omicron dan menemukan bukti seleksi alam positif di banyak gen sejak varian tersebut berpisah dari garis keturunan B.1.1 lainnya.

Berdasarkan temuan mereka, Boni menyarankan bahwa "Omicron kemungkinan merupakan hasil dari proses evolusi yang menciptakan virus yang sangat mudah menular yang sebagian menghindari respons antibodi kita."

Baca Juga: Setelah Terinfeksi Omicron, Tubuh Akan Mendapat Kekebalan Untuk Semua Varian Covid-19 Lainnya Termasuk Delta, Studi

Baca Juga: 5 Resep Masker Terbuat Dari Pisang DIY Untuk Mengatasi Rambut Kusam

Namun, para peneliti mengesampingkan rekombinasi varian sebelumnya dalam menilisik asal Omicron.