Find Us On Social Media :

Kaus Kaki Bisa Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil, Sudah Mencobanya?

Kaki bengkak saat hamil.

GridHEALTH.id – Beberapa bagian tubuh seperti kaki, mengalami seringkali mengalami pembengkakan saat hamil.

Ini merupakan kondisi yang normal akibat penumpukan cairan pada jaringan tubuh, menurut Baby Center, Minggu (13/02/2022).

Sejumlah penelitian bahkan menunjukkan bahwa sekitar 2 dari 3 wanita, mengalami pembengkakan kaki saat hamil.

Ibu hamil bisa tenang, karena ini merupakan tanda aliran darah yang sehat ke rahim, janin, dan plasenta yang sedang tumbuh.

Kaki bengkak saat hamil biasanya terjadi selama trimester ketiga dan kondisinya lebih parah jelang persalinan atau cuaca yang panas.

Sebenarnya, edema yang dialami oleh ibu hamil bisa hilang dengan sendirinya sekitar satu minggu setelah tubuh kehilangan cairan ekstra.

Tapi agar ibu merasa nyaman, coba lakukan lima hal ini untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil, dilansir dari UT Southwestern Medical Center, Minggu (13/02/2022).

1. Pakai kaus kaki kompresi

Menggunakan kaus kaki kompresi yang panjangnya mencapai lutut, dapat membantu meringankan rasa sakit. Kaus kaki secara bertahap meningkatkan tekanan di kaki dan memindahkan sebagian cairan yang berlebih ke pembuluh darah serta seluruh tubuh.

Jangan gunakan kaus kaki dengan karet yang terlalu ketat di bagian atas. Karena dapat memperburuk pembengkakan, dengan menghalangi aliran darah kembali.

2. Beristirahat

Ibu hamil bisa meningkatkan sirkulasi darah saat sedang beristirahat atau tidur, dengan melakukan ini.