Find Us On Social Media :

Jalani Gaya Hidup Sehat Penting Bagi Kesuburan Wanita, Ini Alasannya

Pertahankan berat badan yang sehat untuk gaya hidup sehat agar kesuburan baik.

GridHEALTH.id - Jika sedang merencanakan kehamilan, kita mungkin bertanya-tanya tentang kesuburan, bagaimana tentang keberhasilan kehamilan dan dapatkah kita memperbaikinya?

Beberapa faktor mungkin berada di luar kendali seperti masalah medis yang memengaruhi kemampuan untuk hamil. Tetapi pilihan gaya hidup juga dapat mempengaruhi kesuburan.

Kesuburan wanita adalah kemampuan seorang wanita untuk mengandung anak biologis. Kita dan pasangan mungkin mempertanyakan kesuburan jika telah mencoba untuk hamil dengan sering melakukan hubungan seks tanpa kondom selama setidaknya satu tahun, atau setidaknya enam bulan jikaberusia lebih dari 35 tahun, dan tanpa hasil.

Berbagai masalah medis dapat berkontribusi pada masalah kesuburan wanita, termasuk gangguan ovulasi, tiroid, kelainan rahim atau serviks, kerusakan atau penyumbatan tuba falopi, yang sering disebabkan oleh penyakit radang panggul, endometriosis dan bermacam-macam lagi.

Usia juga berperan. Menunda kehamilan dapat mengurangi kemungkinan  untuk hamil. Penurunan kuantitas dan kualitas telur seiring bertambahnya usia membuat kita lebih sulit untuk hamil.

Pilihan gaya hidup sehat dapat membantu meningkatkan kesuburan. Lakukan langkah-langkah seperti;

- Pertahankan berat badan yang sehat. Kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan secara signifikan dapat menghambat ovulasi normal.

- Mencegah infeksi menular seksual. Infeksi seperti klamidia dan gonore adalah penyebab utama kemandulan bagi wanita.

- Hindari shift malam, jika memungkinkan. Bekerja shift malam secara teratur dapat menempatkan kita pada risiko infertilitas yang lebih tinggi, mungkin dengan mempengaruhi produksi hormon. Jika bekerja pada shift malam, usahakan untuk cukup tidur saat tidak bekerja.

Baca Juga: Belum Banyak yang Tahu, Manfaat Durian Untuk Kesuburan Wanita

Baca Juga: Aktivitas Fisik Perlu Dihindari Penyandang Diabetes, Ini Kata Dokter

- Meskipun stres tidak akan menghalangi kita untuk hamil, pertimbangkan untuk meminimalkan stres dan mempraktikkan metode koping yang sehat, seperti teknik relaksasi ketika mencoba untuk hamil.