Find Us On Social Media :

Healthy Move, Studi Buktikan Berjalan Lebih Baik Daripada Nge-Gym

Olahraga berjalan kaki ternyata lebih membakar lemak dibandingkan ke gym, studi.

GridHEALTH.id - Setiap kegiatan olahraga yang dilakukan pasti bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi para peneliti dari London School of Economics and Political Science menemukan bahwa pejalan kaki cenderung lebih bugar dan lebih ramping daripada orang yang berolahraga di gym.

Dalam analisis terhadap 50.000 orang antara tahun 1999 dan 2012 di atas usia 13 tahun, mereka yang melakukan setidaknya 30 menit jalan cepat per hari lebih cenderung memiliki lingkar pinggang yang lebih kecil dan Indeks Massa Tubuh (IMT) lebih rendah daripada orang yang melakukan latihan intensitas tinggi.

"Kami melihat karena berjalan kaki lebih nyaman, murah, dan bisa dilakukan apa saja daripada gym dan lebih mudah bagi orang untuk mempertahankannya, ”kata Dr. Grace Lordan, salah satu penulis utama studi tersebut.

Tentu hasil studi ini positif karena berjalan memang merupakan olahraga ringan yang mudah dilakukan dan dapat disesuaikan dengan kondisi fisik seseorang. Dan tentu saja, gratis dan dapat dilakukan hampir di mana saja.

Dia menambahkan bahwa ini terutama berlaku untuk orang tua (lansia) yang dapat beradaptasi dengan berjalan lebih mudah daripada dengan rutinitas berdampak lebih tinggi yang biasanya dilakukan di gym.

Baca Juga: Healthy Move, Berjalan Kaki Sebelum Makan Membakar Kalori Lebih Banyak

Baca Juga: Pentingnya Deteksi Dini Kanker Payudara, Semakin Cepat Lebih Baik

“Hasilnya dengan demikian memberikan argumen untuk kampanye untuk mempromosikan jalan kaki,” lanjut Lordan. “

"Kebijakan sederhana yang setiap langkah diperhitungkan dapat menjadi langkah untuk membatasi tren kenaikan tingkat obesitas dan bermanfaat untuk kondisi kesehatan lainnya.”

Penting untuk dicatat bahwa studi terbaru ini bersifat korelasional, artinya orang yang dilaporkan berjalan cenderung lebih kurus, tetapi para peneliti tidak tahu apakah berjalan sendiri menyebabkan hasil ini.

Dengan kata lain, jika rutinitas olahraga dan kickboxing atau mungkin yoga adalah hal yang  sukai, teruskan, dan jika  belum mendapatkan rutinitas olahraga yang solid, mungkin inilah saatnya untuk memakai sepatu untuk bisa berjalan kaki. (*)

Baca Juga: Bukan Pertama Kali, Dunia Mencatat Kelompok Penolak Vaksin Sudah Ada Sejak Berabad Lampau, Ini Sejarahnya

Baca Juga: Diabetes dan Harapan Hidup Pendek, Mengakhiri Mitos Dengan Mengubah Gaya Hidup