Find Us On Social Media :

Inilah Aneka Penyebab Penyakit Infeksi, Bukan Hanya Bakteri dan Virus

Penyebab penyakit infeksi.

GridHEALTH.idPenyakit infeksi menjadi gangguan kesehatan yang paling sering dialami oleh orang-orang.

Mikroorganisme menggunakan tubuh seseorang untuk menjadi tempat tinggal bagi dirinya, bereproduksi, dan berkoloni, dilansir dari Medical News Today, Rabu (16/02/2022).

Organisme yang ukurannya sangat kecil ini dikenal dengan nama patogen dan dapat berkembang biak dengan cepat.

Sistem kekebalan tubuh seseorang menjadi penghalang yang efektif terhadap agen infeksi. Namun, patogen-patogen tersebut jumlahnya kadang berlebihan dan membuat imunitas kewalahan.

Sehingga infeksi pun jadi berbahaya. Berikut ini adalah beberapa jenis mikroorganisme yang menjadi penyebab penyakit infeksi.

Infeksi virus

Penyakit infeksi akibat virus adalah yang paling sering terjadi. Virus dapat menargetkan kelompok usia tertentu, seperti bayi atau anak kecil. Tapi orang dewasa muda dan dewasa pun juga dapat terinfeksi virus.

Beberapa penyakit akibat infeksi virus di antaranya common cold, infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), influenza, demam berdarah, gastroenteritis, HIV, dan Covdi-19.

Pengobatan antivirus dapat meredakan gejalanya, serta mencegah virus berkembang biak atau meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan efek virus.

Baca Juga: Sering Garuk Bokong Tanda Infeksi Cacing Kremi, Cegah dengan 6 Hal Ini

Infeksi bakteri

Bakteri merupakan mikroorganisme bersel tunggal atau prokariota. Bakteri bisa bertahan di berbagai jenis lingkungan, misalnya udaranya panas atau dingin yang ekstrim.