Find Us On Social Media :

3 Persen dari 1.090 Pasien Covid19 Meninggal di Indonesia Adalah Anak dan Balita, Ini 11 Gejala yang Paling Sering Dialami

Gejala Covid-19 pada anak penting diketahui orangtua untuk menghindari kematian.

GridHEALTH.id - Kasus Covid-19 di Indonesia ternyata cukup banyak merenggut nyawa anak dan balita.

Hal itu disampaikan langsung oleh Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi, seperti dilansirdari tribunnews.com (21/2/2022).

Menurut Nadia, setidaknya ada 3 % dari total 1.090 pasien Covid-19 anak usia di bawah 5 tahun (balita) yang meninggal di Indonesia.

Itu artinya, ada sekitar 37 balita meninggal karena terpapar Covid-19.

"Kematian Covid pada anak balita kira-kira 3 % dari total kematian (1.090)" ujarnya.

Nadia menjelaskan, data tersebut dihimpun dari rekapitulasi kasus Covid-19 dimasa Omicron oleh Kemenkes RI hingga Minggu (13/2/2022).

Ia berpesan agar, keluarga dan orang sekitar balita dapat segera melakukan vaksinasi serta menjalankan protokol kesehatan (prokes) yang ketat untuk melindungi para balita.

"Kembali kami mengimbau masyarakat, termasuk anak-anak dan kelompok lanjut usia, untuk segera melengkapi vaksinasi," tegas Nadia.

Sebab hingga kini belum ada vaksin Covid-19 yang direkomendasikan pakar untuk menyasar kelompok balita ini.

Baca Juga: 3 Tanda Awal Infeksi Covid-19 yang Sering Kali Terbaikan, Sebelum Gejala Spesifik Muncul

Berbicara mengenai vaksin Covid-19, diketahui selain mencegah penularan wabah semakin luas, ini juga bermanfaat untuk meminimalisir keparahan yang mungkin terjadi akibat infeksi Covid-19.

Dijelaskan pada laman nhs.uk (30/3/2021), bahwa orang yang sudah divaksin sistem kekebalannya mampu mengenali dan tahu cara melawan suatu infeksi penyakit.