Find Us On Social Media :

Gunakan Obat Kumur Ini, Dapat Kurangi Gejala dan Cegah Covid-19

Obat kumur dapat menurunkan tingkat keparahan Covid-19

GridHEALTH.id – Pencegahan Covid-19 yang selama ini diketahui adalah dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi.

Ternyata selain kedua hal tersebut, terdapat cara lain yang dapat membantu mengurangi risiko terinfeksi Covid-19, yakni dengan obat kumur.

Obat kumur tidak hanya menjauhkan orang dari masalah gigi dan mulut, tapi juga mencegah infeksi virus corona.

Kemampuan obat kumur untuk mencegah Covid-19 dibuktikan oleh para peneliti di Rutgers School of Dental Medicine.

Baca Juga: Sekarang Hasil Tes Antigen Positif Bisa Akses Telemedicine, Begini Caranya

Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Pathogens, mereka menemukan dua jenis obat kumur yang dapat melawan virus Covid-19 dalam kondsii laboratorium.

Kandungan yang ada di dalam obat kumur dapat mencegah virus bereplikasi dalam sel manusia, dilasir dari rutgers.edu, Minggu (27/02/2022).

Obat kumur yang mereka teliti dapat menganggu virus dalam hitungan detik setelah diencerkan ke konsentrasi yang akan meniru penggunaan sebenarnya.

Peneltian ini dilakukan di laboratorium menggunakan konsentrasi obat kumur dan waktu yang dibutuhkan untuk menghubungi jaringan untuk meniru kondisi yang terjadi di mulut.

 Baca Juga: Produsen Vaksin Dunia Sudah Memprediksi Akhir Pandemi Covid-19, Bos Moderna; 2022 Berakhir

Studi yang dilakukan oleh Daniel H. Fine, ketua Departemen Biologi Oral universitas tersebut juga menemukan dua jenis obat mulut lain yang memberikan perlindungan yang sama.

Obat kumur pertama mengandung Povidone-Iodine dan yang lainnya mengandung hydrogen peroxide.