Find Us On Social Media :

4 Penyakit Infeksi yang Rentan Dialami Lansia dan Cara Mencegahnya

Penyakit infeksi yang sering dialami oleh lansia.

GridHEALTH.id – Orang lanjut usia alias lansia sangat rentan untuk mengalami penyakit infeksi.

Ini karena seiring bertambahnya usia seseorang, fungsi fisiologis organ tubuh menurun. Begitu juga dengan sistem kekebalan tubuhnya.

Menurut American Family Physician (AAFP), penyakit infeksi pada orang lansia sulit untuk terdeteksi karena gejala umum seperti demam, lebih jarang terjadi.

Keluhan nonspesifik mungkin merupakan satu-satunya indikasi dari penyakit infeksi yang sedang dialaminya.

Lansia yang terkena penyakit infeksi biasanya mengalami gangguan pada kognitif atau perubahan status mental. Juga mengalami penurunan berat badan atau peningkatan laju pernapasan.

Karenanya mendeteksi penyakit infeksi pada lansia sangat penting dilakukan sedini mungkin, untuk menghindari risiko yang lebih serius yakni kematian.

Berikut adalah beberapa penyakit infeksi yang paling sering dialami oleh para lansia.

1. Pneumonia bakteri

Pneumonia bakteri merupakan penyakit infeksi yang menyerang paru-paru dan disebabkan oleh bakteri Streptococcus (pneumococcus). Bakteri ini paling sering hidup di tenggorokan.

Baca Juga: 4 Tips Merawat Lansia yang Terinfeksi Covid-19 Selama di Rumah

Seseorang berusia 65 tahun atau di atasnya, serta memiliki komorbiditas diabetes, asma, diabetes, atau penyakit jantung, berisiko untuk mengalami pneumonia bakteri.

Gejala yang paling umum terjadi yakni demam, batuk dengan dahak berwarna kehijauan, meriang hingga gemetar, sulit bernapas, dan nafsu makan hilang.