Find Us On Social Media :

Jerawat Adalah Penyakit Infeksi Kulit, Tak Cukup Hanya Ditangani dengan Skin Care yang Dijual Bebas

Jerawat adalah penyakit infeksi kulit yang harus ditangani sesuai penyebabnya.

GriHEALTH.id - Jerawat pada dasarnya merupakan penyakit yang harus ditangani secara serius dan benar sesuai dengan kaidah pengobatan medis seperti penyakit infeksi lain pada umumnya.

Fakta di atas menepis anggapan masyarakat awam selama ini tetang jerawat. Seperti kitaketahui, dalam beberapa dekade terakhir terjadi downgrading dan mispersepsi yang salahpada masyarakat awam terhadap jerawat/acne vulgaris serta penanganannya.

Hal ini menjadi lebih tidak terarah dengan maraknya penjualan produk kosmetik bebas yang dapat memberikan klaim penyembuhan penyakit jerawat secara instan serta mitos-mitos yang salah.

Dokter Anthony Handoko, SpKK, FINSDV, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Klinik Pramudia, pada Virtual Media Briefing 'Apakah Tepab Bila Penyakit Jerawat Hanya Ditangani Dengan Perawatan Skincare Kosmetik' (24/02/2022) hari ini menjelaskan tentang ini.

“Saat ini terdapat banyak sekali mitos yang tidak benar seputar penyakit jerawat. Beberapa di antaranya, yaitu bahwa jerawat hanya dialami selama masa remaja saja dan seharusnya orang tua tidak akan berjerawat.

Mitos lainnya, yaitu bahwa jerawat hanya terjadi di daerah wajah, jerawat harus di facial/ dipencet dan isinya harus dikeluarkan agar tuntas.

Terdapat juga pandangan bahwa jerawat dapat diobati dengan skincare atau facial di salon; jerawat disebabkan oleh konsumsi makanan tertentu (kacang, makanan berlemak, dll); jerawat hanya terjadi pada saat menstruasi dan biasanya akan sembuh sendiri.

Mitos lainnya yaitu tentang pengistilahan jerawat itu sendiri, yaitu jerawat batu, jerawat buntet, dan lain-lain yang sebenarnya tidak dikenal secara medis.”

Padahal fakta ilmiah mencatat, bahwa jerawat sebenarnya termasuk golongan penyakit infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Jerawat Pada Bayi Baru Lahir dan Cara Penanganannya

Baca Juga: Sehat Buat Fisik, Mental, dan Kantong Begini Gaya Hidup Hemat Dampak Positif Pandemi Covid-19

Selain itu jerawat juga disebabkan oleh gabungan beberapa penyebab, antara lain proses peradangan, produksi kelenjar minyak sebum yang berlebihan, ketidakseimbangan hormonal dan sumbatan kelenjar minyak di kulit.