Find Us On Social Media :

Penyakit Jantung Mungkin Muncul Pasca Sembuh dari Covid-19, Ini 7 Tanda yang Harus Diwaspadai

Penyintas Covid-19 perlu mewaspadai risiko munculnya penyakit jantung.

GridHEALTH.id - Dalam perjalanan menuju pemulihan penuh setelah Covid-19, banyak penyintas mengeluhkan gejala jangka panjang dan komplikasi kesehatan yang melampaui paru-paru.

Meskipun gejala pernapasan seperti batuk dan sesak napas telah diamati di antara gejala yang tersisa pada kasus Covid-19 yang parah, dokter sekarang semakin melaporkan masalah yang lebih luas di tubuh, termasuk di otak, usus, dan jantung.

Dari kelelahan, gangguan mental dan insomnia hingga jantung berdebar-debar, nyeri dada dan nyeri otot, serangkaian gejala yang berlanjut berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah infeksi awal dinamai "Covid Panjang" atau long Covid-19 oleh komunitas ilmiah.

Ini dianggap terkait dengan virus corona yang merusak sel-sel endotel yang melapisi semua pembuluh darah di tubuh kita selama perjuangannya melawan sistem kekebalan tubuh kita.

Kerusakan ini dapat mengganggu suplai darah tubuh kita, menyebabkan pembekuan darah yang dapat memicu serangan jantung dan mengurangi aliran darah dan oksigen ke jaringan.

Covid-19 dapat menyebabkan sejumlah masalah yang berhubungan dengan jantung, termasuk gangguan ritme dalam bentuk detak cepat atau tidak teratur, jantung berdebar-debar, dan peradangan otot dan lapisan di sekitarnya.

Sebuah tinjauan dalam Journal of American College of Cardiology menemukan bahwa setidaknya 25% pasien virus corona yang dirawat di rumah sakit mengalami komplikasi jantung.

Meskipun orang dengan penyakit jantung dan peredaran darah yang sudah ada sebelumnya diketahui memiliki risiko lebih tinggi terkenakomplikasi akibat Covid-19, orang sehat juga dapat menderita efek jangka panjang tersebut.

Ahli jantung Muhammed Keskin yang berbasis di Istanbul, Turki mengatakan pemeriksaan setelah menjadi penyintas Covid-19 tidak boleh dilewatkan.

Baca Juga: Long Covid-19 Akibat Omicron Jarang Terjadi Pada Orang yang Telah Divaksinasi Lengkap, Studi

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Tidak Meningkatkan Risiko Peradangan Pada Anak, Studi Lancet

"Covid-19 dapat menyebabkan kerusakan luas pada tubuh. Perlu waktu juga agar peradangan di paru-paru dan bagian tubuh lainnya berkurang, dan menghilang. Anda mungkin bebas dari penyakit tetapi akibatnya sulit bagi tubuh Anda. Kerusakan berlanjut bahkan ketika virus telah pergi.