Find Us On Social Media :

Parasetamol Trending di Twiter Jadi Obat Pereda Nyeri Sejuta Umat, Hati-hati dengan Efek Sampingnya

Parasetamol, obat pereda nyeri yang dijual bebas paling digemari.

GridHEALTH.id - Pada Senin (28/02/2022) malam, parasetamol atau paracetamol menjadi tagar nomer satu di twiter #paracetamol, sebanyak 4782 tweet. Tagar ini diikuti oleh pengguna twiter tidak saja di Indonesia, tetapi juga dari luar negeri. 

Dari Indonesia, ada tweet dari @FadiliaMeilani1 Bukan lagi,aku selalu bawa obat kaya paracetamol, ibuprofen, meiji, paratusin dah ky kangobat tiap temen ditempat kerja sakit terus aku tawarin or merekanya minta obat ditanya dl "apa yang dirasain skrg?" Wkwk sosoan bgt kan tp andalan sampe saat ini ibuprofen / paracetamol sih????

@WindiIma men-tweet, Kerja fulltime emang Paracetamol harus selalu simpan. Karena apapun sakitnya paracetamol obatnya.

Lalu seorang dokter dari Malaysia, Ahmad Luqman Bukhari@drluqman mentweet tentang kebiasaan kita menyimpan parasetamol dalam kulkas dalam waktu yang lama. Siapa kat sini yang tak tahu bahaya sebenarnya kalau kita simpan ubat demam paracetamol tu lama sangat kat dalam peti sejuk? ???? Thread.

Paracetamol  merupakan pereda demam dan nyeri yang cukup populer digunakan dan bertambah ngetop selama pandemi Covid-19 karena obat ini dianjurkan untuk digunakan untuk mengobati demam pada pasien Covid-19.

Jenis obat ini juga banyak tersedia di warung-warung, dan aman dikonsumsi sesuai aturan. Demam akibat KIPI (kejadian ikutan pasca imunisasi) setelah vaksinasi juga bisa diatasi dengan obat ini.

Dikutip dari Healthline, nama generik dari paracetamol adalah Tylenol dan Nocro. Obat ini juga dijual dengan banyak nama merek dagang dan merupakan kategori obat bebas. Karena itu, acetaminophen bisa dibeli dengan mudah di apotek meskipun tanpa resep dokter.

Fungsi paracetamol lain adalah untuk meredakan nyeri ringan atau sedang. Biasanya nyeri karena pilek, sakit tenggorokan, sakit kepala, nyeri tubuh atau otot, kram menstruasi, radang sendi, atau sakit gigi.

Manfaat paracetamol bukan tidak untuk mengurangi pembengkakan atau peradangan. Sebaliknya, fungsi paracetamol adalah menghalangi pelepasan bahan kimia tertentu di otak yang menandakan sensasi rasa sakit.

Baca Juga: Hati-hati, Overdosis Parasetamol Dapat Menyebabkan Gagal Hati

Baca Juga: Catat, Ini Dia 4 Minuman Sehat Untuk Awet Muda dan Panjang Umur

Obat ini merupakan kombinasi senyawa hidrokodon dan asetaminofen. Hydrocodone adalah opioid (narkotika), dan acetaminophen adalah analgesik (pereda nyeri).