Find Us On Social Media :

Berolahraga Hanya di Akhir Pekan Tetap Bisa Mencapai Target Penurunan Berat Badan, Begini Caranya

Pastikan durasi lebih lama bila berolahraga hanya di akhir pekan.

GridHEALTH.id - Para peneliti mengatakan berapa lama kita berolahraga yang penting dan bukan seberapa sering.

Kita harus menargetkan 150 menit olahraga sedang, atau hanya 75 menit olahraga intens per minggu, seperti yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Jika kita berolahraga hanya di akhir pekan atau menghabiskan banyak waktu di gym pada hari Sabtu dan Minggu, kemungkinan kita akan sama sehatnya dengan seseorang yang berolahraga sepanjang minggu.

Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menyarankan bahwa olahragawan akhir pekan saja dapat menuai manfaat yang sama dengan mereka yang berolahraga lima hari seminggu.

Rumusnya sederhana, berolahraga setidaknya 30 menit sehari, lima hari seminggu, jika waktu memungkinkan.

Tetapi jika jadwal kita sedemikian rupa sehingga hanya bisa pergi ke gym atau berolahraga di taman pada akhir pekan, cobalah untuk menyelesaikan 150 menit mingguan yang direkomendasikan dalam dua hari itu.

Memang, kebanyakan ahli kebugaran merekomendasikan yang pertama atau 30 menit selama 5 hari jika waktu tidak menjadi masalah.

Hal ini karena orang yang berolahraga hanya di akhir pekan jarang memenuhi atau melampaui pedoman yang direkomendasikan.

Jadi, bila hanya bisa olahraga hanya akhir pekan ada baiknya memeras keringat lebih banyak untuk mencapai target yang disarankan.

Baca Juga: Healthy Move, Tips Latihan Olahraga Untuk Mereka yang Sangat Gemuk

Baca Juga: Obesitas Membuat Fungsi Paru-paru Menurun Pada Wanita Menopause, Studi

Sebuah penelitian yang diterbitkan di JAMA Internal Medicine menyarankan bahwa berolahraga hanya sekali atau dua kali seminggu dapat mengurangi risiko kematian akibat kanker, penyakit kardiovaskular, dan semua penyebab lainnya.