Find Us On Social Media :

Warna dan Kondisi Lidah Mengindikasikan Adanya Penyakit Jantung, Studi

Kondisi lidah bisa mengindikasikan penyakit jantung.

GridHEALTH.id - Ingin tahu bagaimana kondisi jantung kita? Hanya menjulurkan lidah dan melihat apa warnanya.

Menurut sebuah penelitian baru, lidah bisa mengindikasikan apakah kita memiliki masalah jantung atau tidak.

Lidah merah dengan lapisan kuning dapat menunjukkan bahwa kita berisiko lebih besar terkena penyakit jantung, menurut penelitian tersebut.

Dr Tianhui Yuan dari Hospital of Guangzhou University of Chinese Medicine, salah satu peneliti, mengklaim bahwa pasien gagal jantung kronis memiliki lidah yang lebih merah dengan lapisan kuning dan penampilan berubah saat penyakitnya menjadi lebih lanjut.

Lidah normal atau lidah orang sehat berwarna merah pucat dengan lapisan putih pucat, katanya.

Mereka juga menemukan bahwa komposisi, jumlah dan bakteri dominan pada lapisan lidah bervariasi antara pasien gagal jantung dan orang sehat.

Mengapa lidah pasien gagal jantung memiliki warna yang lebih gelap? Dalam studi tersebut, para peneliti memeriksa lidah relawan dengan dan tanpa gagal jantung kronis.

Tak satu pun dari peserta memiliki masalah mulut atau gigi, telah menggunakan antibiotik atau imunosupresan dalam seminggu terakhir atau sedang hamil atau menyusui, para peneliti menunjukkan.

Sampel dari lapisan lidah diambil sebelum partisipan menyikat gigi atau sarapan. Mereka menemukan bahwa pasien gagal jantung memiliki mikroorganisme yang sama di lapisan lidah mereka, yang membuat lidah mereka berwarna lebih gelap.

Baca Juga: Lidah Ternyata Dapat Mengindentifikasi Kekurangan Vitamin D, Studi

Baca Juga: Paradoks Obesitas, Studi Menunjukkan Mereka yang Kelebihan Berat Badan Lebih Mungkin Bertahan Menghadapi Penyakit Infeksi Menular

Berdasarkan temuan mereka, Dr Yuan menyarankan bahwa mikroba lidah, yang mudah didapat, dapat membantu skrining skala luas, diagnosis, dan pemantauan jangka panjang gagal jantung.