Find Us On Social Media :

Healthy Move, 3 Tips Hindari Sakit Punggung Saat Duduk Seharian

Kursi dan meja yang nyaman, juga posisi tubuh bisa menghindari sakit punggung.

GridHEALTH.id - Bekerja dari rumah (work from home) selama pandemi berlangsung memberi konsekuensi tersendiri dimana kita harus berurusan dengan sakit punggung karena berjam-jam tidak bergerak

Dengan bekerja dari rumah, memiliki meja dan kursi yang nyaman, juga posisi tubuh adalah kunci untuk saat duduk lama untuk bekerja, dan bisa menghindari sakit punggung.

Dr. Rahul Shah, Ahli Bedah Tulang Belakang & Leher Ortopedi dari Harvard Medical School membagi tip cara menghindari sakit punggung saat duduk sepanjang hari.

1. Jangan membungkuk

Untuk meminimalkan sakit punggung saat bekerja di rumah, sangat penting untuk memastikan kita tidak membungkuk saat bekerja di depan komputer atau laptop.

Dr. Shah memberi saran, "Jangan bekerja dengan duduk di sofa, tempa tidur atau kursi santai karena kurang mendukung untuk postur duduk tegak yang optimal. Bisa berakibat pada sakit punggung."

2. Tetapkan area dan meja kerja yang pas untuk menyangga postur tubuh selama duduk bekerja.

Banyak yang menciptakan area tersendiri di dalam rumah untuk digunakan sebagai area tempat bekerja selama WFH.

Tapi Dr. Shah memberi saran, "Idealnya, cobalah untuk mencapai posisi perangkat yang 15-30 derajat dari tingkat horizontal untuk mempertahankan pandangan dan postur leher yang optimal."

Baca Juga: Healthy Move, Punya Sakit Punggung Boleh Olahraga Lari? Ini Tips dari Dokter

Baca Juga: Diabetes Lansia Rawan Mengalami Hipoglikemia, Ini yang Harus Dilakukan Untuk Mencegahnya

Dia menambahkan, "Berkenaan dengan punggung tengah dan bawah, saat membuat kantor di rumah, cari area yang memungkinkan panggul seseorang sejajar dengan kepala dan hindari mencondongkan tubuh ke depan di panggul atau bahu saat bekerja."Dan terakhir, pastikan panggul tetap rata, dan jaga agar pinggul dan lutut tetap ditekuk sekitar 90 derajat. Ini dapat menghasilkan orientasi panggul yang optimal, seperti yang dikatakan Dr. Shah.