Find Us On Social Media :

Obesitas Dapat Meningkatkan Risiko Kanker Payudara Hampir 40%, Studi

Wanita yang mengalami obesitas berisiko mengalami kanker payudara.

GridHEALTH.id - Kelebihan berat badan hingga level obesitas menempatkan kita pada risiko tinggi untuk berbagai penyakit termasuk kanker.

Ada banyak bukti sekarang yang membuktikan bahwa kelebihan berat badan atau obesitas setelah menopause meningkatkan risiko kanker payudara.

Wanita obesitas pasca menopause memiliki peningkatan 20-40% dalam risiko terkena penyakit ini. Namun, ini tidak berlaku untuk wanita yang lebih muda.

Sejumlah penelitian telah menemukan hubungan antara BMI (indeks massa tubuh) yang lebih tinggi dan kejadian kanker payudara.

"Bahkan, obesitas dan penambahan berat badan juga meningkatkan risiko kematian akibat penyakit tersebut dengan mempengaruhi pertumbuhan dan metastasis atau penyebaran kanker payudara" kata dokter Neha Khandelwal, Ginekolog Senior, Rumah Sakit Pelangi Madhukar di India, dikutip dari Hindustan Times (27/02/2022).

Jadi, penting untuk memahami mengapa dan bagaimana kanker payudara dan obesitas terkait.

Kelebihan lemak tubuh meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh wanita dan karenanya meningkatkan risiko terkena kanker payudara.

Estrogen adalah hormon yang dapat membuat kanker payudara reseptor hormon positif berkembang dan tumbuh.

Peningkatan kadar insulin pada wanita gemuk telah dikaitkan dengan kanker payudara. Peningkatan kolesterol plasma pada wanita gemuk menyebabkan percepatan pembentukan tumor.

Baca Juga: 9 Penyebab Utama Obesitas yang Jadi 'Pandemi' Dunia, Dari Depresi Sampai Polusi

Baca Juga: Diabetes Lansia Rawan Mengalami Hipoglikemia, Ini yang Harus Dilakukan Untuk Mencegahnya

Obesitas juga menyebabkan peradangan kronis tingkat rendah, suatu proses di mana fungsi kekebalan tubuh tidak berfungsi dan menyebabkan kerusakan DNA dan menyebabkan kanker payudara .