Find Us On Social Media :

9 Penyebab Utama Obesitas yang Jadi 'Pandemi' Dunia, Dari Depresi Sampai Polusi

Penelitian menunjukkan bahwa depresi dan obesitas dapat saling berkaitan.

GridHEALTH.id - Obesitas telah muncul sebagai gangguan kesehatan global dalam beberapa dekade terakhir, dengan prevalensi yang meningkat di kalangan generasi muda.

Bahkan beberapa petinggi kesehatan Organisasi Kesehatan Dunia sudah mengategorikan obesitas adalah pandemi yang harus diperangi bersama karena memberi dampak negatif pada kesehatan dan ekonomi yang luar biasa.

Obesitas adalah hasil dari mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dapat dimetabolisme atau digunakan tubuh secara teratur.

Kalori yang tidak terpakai ini disimpan sebagai lemak dan menyebabkan penambahan berat badan yang berlebihan dari waktu ke waktu.

Setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda, yang tergantung pada tipe tubuh mereka dan seberapa aktif mereka.

Obesitas merupakan gangguan kesehatan serius yang dapat disebabkan karena berbagai faktor.

Estella F. Martinez, MD, MPH, pakar kesehatan dari eMediHealth memberikan ulasan faktor-faktor apa saja yang memberikan kontribusi pada munculnya obesitas;

1. Riwayat keluarga

Obesitas bisa menjadi kelainan keturunan yang diturunkan dari generasi ke generasi. Jika orangtua atau beberapa kerabat dekat mengalami obesitas, kita memiliki peluang tinggi untuk mengalaminya juga.

Baca Juga: Jangan Abaikan Obesitas, Bisa Menyebabkan Berbagai Penyakit yang Sulit Dikelola

Baca Juga: Warna dan Kondisi Lidah Mengindikasikan Adanya Penyakit Jantung, Studi

Dengan kata lain, seseorang dengan kerentanan genetik terhadap obesitas lebih mungkin terpengaruh olehnya daripada seseorang yang tidak memiliki riwayat keluarga seperti itu.