Find Us On Social Media :

Selalu Takut Terkena Penyakit Jantung dan Serangan Tiba-tiba? Ini Gejala Kardio Fobia, Ketahui Cara Pengobatannya

Orang yang menderita kardiofobia selalu merasa adanya gangguan jantung seperti serangan jantung.

GridHEALTH.id - Phobia atau fobia adalah salah satu jenis gangguan jiwa dimana seseorang takut akan sesuatu.

Fobia banyak jenisnya dan yang kita akan bahas adalah cardiophobia atau kardiofobia. Kardio artinya berhubungan dengan jantung dan fobia artinya ketakutan, yaitu ketakutan akan penyakit jantung seperti serangan jantung.

Dr. Abhishek Shukla, Ahli Jantung, Pulse Heart Center, Lucknow di India mengatakan bahwa memiliki kardiofobia dapat menghambat pekerjaan kita sehari-hari.

Banyak pasien datang ke klinik, dan setelah melalui pemeriksaan dinyatakan sehat. Namun mereka selalu mengatakan dirinya merasa berdebar-debar dan kesulitan bernapas.

"Tetapi karena takut akan penyakit, mereka kesulitan untuk melakukan tes berulang kali, kami menyarankan pasien tersebut untuk mengikuti sesi konseling,"ungkap dr. Shukla.

Orang-orang seperti itu dapat melakukan EKG dalam keadaan darurat. Masalah seperti itu biasanya muncul setelah mendengar berita kematian seorang kenalan atau setelah melihat orang yang sakit.

Kardiofobia juga merupakan jenis ketakutan di mana orang tersebut takut mengalami serangan jantung.

Karena itu, jika ada sedikit perubahan pada detak jantung atau orang yang berhubungan dengan jantung, orang tersebut menjadi sangat takut.

Jika seseorang menderita kardiofobia, ia mungkin merasa gugup tentang perubahan apa pun di jantung atau merasa takut akan serangan jantung.

Baca Juga: Warna dan Kondisi Lidah Mengindikasikan Adanya Penyakit Jantung, Studi

Baca Juga: Olahraga dan Mengatur Pola Makan Dapat Mencegah Kanker Prostat

Pada pasien dengan kardiofobia, gejala terlihat karena kecemasan. Kecemasan dapat memperburuk gejala jika diperhatikan lebih lanjut.