Find Us On Social Media :

Mengenal Perbedaan TB Aktif dan TB Laten, Gejala Hingga Cara Mendeteksinya

Penyakit TBC jadi salah satu penyakit menular mematikan di dunia.

GridHEALTH.id - Tidak semua orang yang terinfeksi bakteri TBC (tuberkulosis) akan menjadi sakit.

Akibatnya, ada dua kondisi terkait TBC yang bisa terjadi yaitu infeksi TB aktif dan TB laten.

Kedua kondisi tersebut tentunya memiliki perbedaaan.

Untuk itu sebagai pengetahuan, berikut ini adalah perbedaan TB aktif dan TB laten jika dilihat dari pengertian, gejala, penularan dan cara mendeteksinya.

Pengertian

Melansir laman cdc.gov (11/12/2022)TB aktif adalah kondisi ketika infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis aktif berkembang biak di dalam tubuh.

Kuman penyebab TBC tersebut bisa berkembang biak dan merusak tubuh karena sistem kekebalan tubuh penderita tidak mampu melawan bakteri biang penyakit.

Sedangkan TB laten adalah kondisi saat sistem kekebalan tubuh penderita yang terinfeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis tidak mampu memerangi kuman biang penyakit secara tuntas.

Meskipun kuman tidak dapat dibasmi total, tubuh masih dapat mengendalikan pertumbuhan bakteri penyebab penyakit, sehingga gejala TBC tidak muncul.

Baca Juga: Ketahui Kapan Baiknya Mendapat Vaksin BCG, Untuk Cegah Penyakit TBC

Gejala

Penyakit TBC dalam kondisi TB aktif dapat menimbulkan gejala khas seperti batuk lebih dari tiga minggu, dada sakit, batuk berdarah, badan lemas, sering kelelahan, berat badan turun, tidak nafsu makan, badan sering menggigil, demam, dan berkeringat di malam hari.