Find Us On Social Media :

Seks di Usia Lansia, Beberapa Masalah yang Bisa Jadi Penghalang Bermesraan

Ada beberapa masalah penghalang seks di usia lansia.

GridHEALTH.id - Masalah seksual terkait penuaan dapat menyebabkan stres dan kekhawatiran. Kekhawatiran ini bisa menghalangi lansia menikmati kehidupan seks yang memuaskan.Lansia mungkin juga memiliki kekhawatiran tambahan tentang penyakit, pensiun, dan perubahan gaya hidup, yang semuanya dapat menyebabkan kesulitan seksual.

Ada banyak cara berbeda untuk berhubungan seks dan menjadi intim dengan pasangan. Ekspresi seksualitas kita dapat mencakup banyak jenis sentuhan atau rangsangan.

Bicaralah secara terbuka dengan pasangan, dan cobalah untuk tidak menyalahkan diri sendiri atau pasangan.

Lansia mungkin juga merasa terbantu untuk berbicara dengan terapis, baik sendiri atau dengan pasangan.

Beberapa terapis memiliki pelatihan khusus dalam membantu masalah seksual. Jika merasakan perubahan dalam sikap pasangan terhadap seks, jangan berasumsi bahwa mereka tidak lagi tertarik pada kita atau pada kehidupan seks yang aktif.

Tetapi perlu juga diperhatikan, di usia ansia, ada beberapa masalah yang bisa menjadi penghalang bermesraan, baik masalah fisik maupun mental.

Contohnya, penyakit, cacat, obat-obatan, dan operasi dapat memengaruhi kemampuan lansia untuk berhubungan seks dan menikmati seks.

Dilansir dari National Institute of Aging, berikut beberaa kendala dalam seks di usia lansia;

Baca Juga: Berani Mencoba Posisi Baru, Cara Seks di Usia Lansia Tetap Membara!

Baca Juga: Obstructive Sleep Apnea (OSA), Gangguan Tidur Bisa Terjadi Pada Anak, Ini Gejalanya

1. Radang sendi. Nyeri sendi akibat radang sendi bisa membuat kontak seksual menjadi tidak nyaman.

Olahraga, obat-obatan, dan kemungkinan operasi penggantian sendi dapat membantu meringankan rasa sakit ini. Istirahat, mandi air hangat, dan mengubah posisi atau waktu aktivitas seksual dapat membantu.