Find Us On Social Media :

6 Bahan Alami untuk Hilangkan Pegal Linu, Mudah Didapat di Rumah

Kunyit salah satu obat rumahan untuk mengatasi pegal linu.

GridHEALTH.id – Badan yang terasa pegal-pegal dapat dialami oleh siapapun dan terjadi secara tiba-tiba.

Seseorang setidaknya pernah mengalami pegal linu sekali dalam hidupnya. Namun, ada juga yang berjuang melawan kondisi ini beberapa kali.

Melansir Medical News Today, Rabu (16/03/2022), selain karena olahraga berlebih atau aktivitas yang padat, pegal linu juga dapat terjadi karena hal tertentu.

Misalnya saja sedang stres, kekurangan air minum, cedera, kekurangan nutrisi penting, kurang tidur, hingga penyakit infeksi tertentu.

Pegal linu secara tidak langsung dapat mempengaruhi keseharian seseorang, karena rasa nyeri yang ditimbulkan.

Untungnya, terdapat beberapa bahan alami yang ada di dapur, dapat digunakan menjadi obat alami pegal linu, seperti berikut ini.

1. Jahe

Mempunyai nama ilmiah Zingiber officinale, jahe sudah digunakan dalam pengobatan tradisional China, Jepang, dan India selama ratusan tahun.

Bagian dari jahe yang sering dimanfaatkan sebagai obat, yakni akar bagian bawah dan rhizome yang dibuat menjadi obat dalam bentuk teh, bubuk, atau minyak.

Baca Juga: Covid-19 Bikin Badan Pegal dan Linu, Ini 4 Cara untuk Meredakannya

Dilansir dari achs.edu, Rabu (16/03/2022), alasan jahe popular digunakan sebagai obat pegal linu, karena kemampuannya dalam menjaga kesehatan sendi dan tingkat cairan.

2. Lavender