Find Us On Social Media :

Vaksin HIV Segera Hadir, Begini Cara Mencegah Penyebaran Penyakit Ini

Infeksi HIV yang tidak diobati bisa berkembang menjadi AIDS yang mematikan. Vaksin sungguh dinantikan.

GridHEALTH.id - Sekitar 37,9 juta orang menderita HIV/AIDS pada tahun 2018, kata WHO. Badan internasional ini juga menyatakan bahwa di antara mereka, 7.70.000 orang kehilangan nyawa karena kondisi tersebut, pada tahun yang sama.

Datanya cukup memprihatinkan. Dan sangat wajar untuk takut akan masalah tersebut. Untuk memberikan harapan bagi orang yang berisiko terkena infeksi HIV, para ilmuwan telah mengembangkan vaksin yang berpotensi membantu mencegah timbulnya kondisi tersebut.

Para peneliti telah mengembangkan vaksin HIV, yang terbukti efektif dalam melindungi sekitar 66% primata bukan manusia dari infeksi HIV (Human Immunodeficiency Virus).

Menurut para ilmuwan, membuat vaksin untuk melawan HIV berbeda dengan membuat vaksin untuk penyakit lain. Di sini, ada komplikasi genetik.

HIV diketahui memiliki keragaman genetik lebih dari virus lainnya. Khususnya, HIV bereplikasi dengan cepat dan bertahan bahkan setelah sering melakukan kesalahan dan tanpa memperbaikinya.

Juga, ada berbagai subtipe HIV di berbagai belahan dunia. Artinya, ada beberapa jenis virus yang harus ditangani, sambil menyiapkan vaksin yang efektif.

Sekarang para peneliti telah mengembangkan vaksin dan pra-uji cobanya telah selesai, uji coba pada manusia akan segera dilakukan.

Tim peneliti berencana untuk mendaftarkan sekitar 3.800 subjek sehat dari seluruh negara berisiko tinggi.

Selain itu, peserta akan dipilih dari kelompok orang yang memiliki kemungkinan lebih besar untuk terkena infeksi.

Baca Juga: Vaksin Herpes Zoster Bisa Mengurangi Risiko Stroke, Studi Harvard

Baca Juga: Tingkat Asam Lambung Tinggi Dapat Mencegah Keracunan Makanan, Stud

Mereka akan diberikan empat vaksinasi dalam satu tahun. Khususnya, selama penelitian laboratorium, vaksin ditemukan menghentikan sekitar 90% jenis HIV menginfeksi sel manusia.