Find Us On Social Media :

Sakit yang Biasa Dialami Wanita Saat dan Setelah Hubungan Intim

Vagina sakit saat dan atau setelah hubungan intim.

GridHEALTH.id - Hubungan intim yang dilakukan harusnya memberikan kenaikmatan pada keuda belah pihak yang melakukannya.

Tapi lain lagi faktanya, tidak sedikit perempuan justru merasakan skait di vagina saat melakukan hubungan intim atau setelah melakukannya.

Hal ini tentu sangat menganggu, dan membuat perempuan khawatir.

Tidak sedikit perempuan yang mengalaminya mempunyai aneka prasangka terhadap hal tersebut.

Daripada menduga-duga yang tidak jelas dan membuat diri sendiri menjadi takut, baiknya simak artikel berikut yang khusus mengulas prihal rasa sakit pada vagina saat dan setelah melakukan hubungan intim dari sudut pandang medis.

Menurut Spesialis kesehatan wanita Pelin Batur, dilansir dari Kompas.com (11/6/2021), ada banyak hal yang bisa membuat wanita tidak bisa menikmati seks, salah satunya hubungan intim yang menyakitkan, penyebabnya bisa karena;1. Disfungsi dasar panggulKondisi umum ini terjadi ketika otot-otot di dasar panggul tidak bisa rileks secara normal.

Wanita dengan disfungsi panggul sering mengalami hubungan seksual yang menyakitkan.

Baca Juga: 1 dari 2 Wanita dan 1 dari 4 Pria Usia 50 Tahun Mengalami Osteoporosis, Padahal Bisa Dicegah

Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba terapi fisik dan perawatan biofeedback.

2. Perubahan hormonalPerubahan kadar estrogen dan testosteron dapat menyebabkan seks yang menyakitkan.Wanita yang sedang menyusui atau memasuki masa menopause mungkin mengalami perubahan hormonal yang menyebabkan vagina kering dan sensasi terbakar saat berhubungan.Dalam beberapa kasus, perawatan hormonal dapat memperbaiki masalah ini.3. Penyebab medis lainnyaAda kemungkinan penyebab lain dari nyeri vagina, adalah infeksi dan endometriosis.“Tergantung pada masalahnya, Anda mungkin ingin menemui spesialis kesehatan seksual untuk mengetahui penyebabnya,” kata Batur.Infeksi pada vagina juga bisa memicu peradangan yang menyakitkan.

Baca Juga: Cara Menggunakan Bawang Putih Sebagai Obat Kuat Alami, Atasi Disfungsi Ereksi

Sementara itu, endrometriosis merupakan ganngguan yang merupakan gangguan yang terjadi ketika jaringan endometrium tumbuh di luar rahim.Sama dengan infeksi vagina, endroetriosisi tentu bisa menyebabkan rasa sakit, terutama saat berhubungan seks.