Find Us On Social Media :

4 Cara Mengatasi Burn Out, Kecapekan Luar Biasa Bisa Memicu Depresi

Melalui kegiatan meditasi, otak akan dilatih untuk beristirahat sehingga mampu mengurangi stres dari rasa burn out.

GridHEALTH.id - Siapa sih yang tidak pernah mengalami kondisi burn out? Meski umumnya kondisi ini dipicu oleh situasi yang berhubungan dengan pekerjaan, namun nyatanya aspek kehidupan lain juga dapat memicu burn out.

Mulai dari urusan rumah tangga, hubungan, hingga self-development bahkan dapat membuat jenuh dan burn out. Untuk menyiasati kondisi ini, memanjakan diri atau self-reward kerap menjadi solusi cepat.

Namun, memanjakan otak juga penting untuk dilakukan, lo! Pasalnya, kesehatan otak dan kondisi mental seseorang memiliki hubungan yang saling berkesinambungan, seperti halnya yang ditulis oleh Daniel Amen pada bukunya Change Your Brain: Change Your Life (Revised and Expanded).

Coach Pris, CEO Stress Management Indonesia mengatakan, “Di Stress Management Indonesia, kami memahami bahwa kondisi mental seseorang, termasuk burn out, memiliki kaitan yang erat dengan kesehatan otaknya."

Pris lalu memberikan saran bagaimana menjaga kesehatan otak dan hindari perasaan burn out melalui langkah-langkah berikut:

1. Cari kebahagiaan di sekitar

Sebelum terlarut dalam perasaan burn out yang sedang melanda, ada baiknya mencari kebahagiaan di sekitar.

Tidak perlu memutar otak,kita bisa mulai dari melakukan hobi yang dulu membawa kebahagiaan untuk kita. Atau mungkin keluar rumah sejenak untuk berjalan kaki dan menghirup udara segar.

2. Bangun rutinitas meditasi

Melalui kegiatan meditasi, otak akan dilatih untuk beristirahat sehingga mampu membantumu mengurangi stres dari rasa burn out.

Baca Juga: 4 Tips Kesehatan Menghindari Kantuk dan Kelelahan di Bulan Puasa

Baca Juga: Healthy Move, Wanita Berolahraga Mendapatkan 11 Manfaat Kecantikan