Find Us On Social Media :

Rasa Sakit di Leher Saat Menelan Tidak Boleh Diabaikan, Ini Alasannya

Rasa sakit saat menelan tetap harus diwaspadai.

GridHEALTH.id - Kebanyakan orang menganggap menelan adalah hal biasa, yang terjadi otomatis ketika kita makan. Dan kita sering menelan air liur sepanjang hari.

Kebanyakan orang juga mengetahui rasa sulit menelan yang menyertai sakit tenggorokan saat sedang sakit.

Ini mungkin menjadi masalah tidak setiap tahun, dan setelah beberapa waktu dan banyak obat pelega tenggorokan, umumnya hilang sampai virus kembali menyerang.Namun, tidak semua sakit tenggorokan menyebabkan masalah menelan, dan tidak semua masalah menelan berasal dari kondisi umum.

Meskipun kemungkinan besar masalah menelan tidak akan serius, ada beberapa situasi di mana gejala ini dapat menunjukkan masalah kesehatan utama yang membawa komplikasi yang berpotensi berbahaya.Para dokter di Lawrence Otolaryngology Associates berspesialisasi dalam gangguan tenggorokan mengatakan, rasa saki saat menelan tidak boleh diabaikan, terutama di saat pandemi Covid-19.

Perjalanan dari mulut ke perut tidak jauh secara fisik, tetapi melibatkan beberapa sistem. Prosesnya termasuk mengunyah, memindahkan makanan ke bagian belakang mulut dan kemudian turun ke tenggorokan ke perut. Rasa sakit pada titik mana pun bisa membuat sulit menelan.Sebagian besar kesulitan menelan dimulai di tenggorokan, dan ini bisa disebabkan oleh infeksi pernapasan seperti flu biasa, tetapi bakteri dan jamur juga dapat menginfeksi daerah tersebut.

Radang tenggorokan adalah bakteri, dan sariawan berasal dari infeksi jamur yang timbul dari kelebihan produksi jamur yang disebut candida, yang biasanya berada di mulut dalam jumlah kecil.

Baca Juga: Penyebab Sakit di Leher Saat Menelan, Dari Infeksi Sinus Hingga Kanker

Baca Juga: Satu Lagi Manfaat ASI, Menyusui Dapat Memperkuat Jantung Bayi, Terutama Pada Prematur

Infeksi umumnya membutuhkan obat antibiotik atau antijamur untuk membersihkannya. Meskipun jarang, infeksi dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh, menciptakan komplikasi serius.Setiap kondisi yang mengiritasi kerongkongan berpotensi menyebabkan rasa sakit saat menelan.

Mungkin yang paling umum adalah refluks asam. Biasanya tidak mempengaruhi sakit saat menelan dalam waktu lama, tetapi jika kita memiliki kondisi kronis yang disebut penyakit refluks gastroesofageal (GERD), ada risiko masalah menelan jangka panjang yang lebih tinggi juga.Masalah kerongkongan lain yang menyebabkan rasa sakit saat menelan meliputi:

- Kondisi otot kerongkongan yang disebut akalasia

- Kontraksi otot esofagus yang tidak normal