Find Us On Social Media :

Kulit Gatal Lebih Terasa di Malam Hari, Ternyata Karena Hal Ini

ilustrasi kulit gatal

GridHEALTH.id - Selain penyebab alami, ada kondisi kesehatan tertentu termasuk penyakit hati, masalah tiroid, kondisi psikologis, gangguan saraf, reaksi alergi dan sebagainya yang menyebabkan kulit gatal dan bisa terasa lebih buruk di malam hari.

Juga dikenal sebagai pruritus nokturnal, kulit gatal di malam hari adalah kondisi umum akhir-akhir ini. Mungkin ada penyebab alami serta terkait kesehatan di baliknya.

Fungsi kulit seperti keseimbangan cairan, pengaturan suhu, dan perlindungan penghalang dipengaruhi oleh ritme sirkadian alami tubuh. 

Dan fungsi-fungsi ini sedikit berubah di malam hari membuat kita merasa gatal. Juga, tubuh melepaskan lebih banyak sitokin di malam hari yang bertanggung jawab untuk meningkatkan peradangan. Terkadang, kulit kering adalah alasan di balik rasa gatal.

Selain penyebab tersebut, ada kondisi kesehatan tertentu antara lain penyakit liver, masalah tiroid, kondisi psikologis, gangguan saraf, reaksi alergi dan lain sebagainya yang menyebabkan kulit gatal dan memburuk di malam hari.

Di sini, kita akan membahas tentang beberapa penyebab utama tangan dan kaki gatal di malam hari:

1. Diabetes

American Diabetes Association (ADA) menunjukkan bahwa kadar gula darah yang lebih tinggi (umum pada penyandang diabetes) terkait dengan peningkatan infeksi kulit yang menyebabkan gatal.

Tingkat glukosa darah yang tinggi memberikan kondisi ideal untuk secara alami menghadirkan ragi untuk tumbuh dan meningkat jumlahnya yang menyebabkan tangan dan kaki gatal.

Baca Juga: Jangan Digaruk, Begini Cara Mengatasi Kulit Gatal Akibat Ruam

Baca Juga: Salah Dosis dan Lupa Minum Obat Bisa Munculkan TBC Resisten, Bisa Menyebabkan Tuli dan Kebutaan

Kondisi ini dikenal sebagai xanthomatosis erupsi. Beberapa gejalanya adalah benjolan merah pada kulit, lingkaran merah di sekitarnya, dan kadar kolesterol tinggi.