Find Us On Social Media :

Hati-hati, Kulit Gatal Bisa Menjadi Pertanda Adanya Kanker Pankreas

Kulit gatal menjadi salah satu tanda gejala kanker pankreas.

GridHEALTH.id - Pankreas adalah sebuah organ yang terletak di belakang lambung. Pankreas berfungsi melepaskan enzim-enzim yang dapat membantu pencernaan dan hormon yang mengatur kadar gula dalam darah.

Kanker pankreas adalah sebuah pertumbuhan massa abnormal yang terjadi pada daerah pankreas yang memengaruhi kerja dari organ pankreas itu sendiri. 

Namun seringkali kita tak menyadari gejalanya sampai sudah divonis lanjut. Dilansir dari laman Everyday Health,  berikut 5 tanda kanker pankreas yang patut diketahui:

1. Kulit gatal

Kanker pankreas dan tumor yang menyumbat saluran empedu dapat menyebabkan rasa gatal.Penumpukan empedu juga dapat menyebabkan penumpukan garam di dalam tubuh, yang menghasilkan sensasi gatal pada kulit.Jika tidak mengalami gejala lain, rasa gatal di sekitar kulit dapat dikurangi dengan cepat. Namun jika itu sulit diatasi, bahkan setelah melakukan sejumlah penanganan, bisa menjadi tanda peringatan untuk memeriksakan diri.2. Sakit perutSakit perut dapat jelas terasa dengan jelas. Apapun makanan buruk atau virus yang menyebabkan sakit perut dapat sembuh dengan sendirinya.

Baca Juga: Risiko Kanker Pankreas Mengancam Mereka yang Kelebihan Berat Badan

Baca Juga: Hati-hati, Konsumsi Probiotik Tidak Selalu Menguntungkan, Cek Dosisnya

Namun dalam gejala kanker pankreas, akan lebih dari itu. Dikombinasikan dengan gejala-gejala lain, sakit perut sama sekali tidak boleh diabaikan.Terutama jika tampaknya bertahan lebih lama daripada tipikal sakit perut biasa atau keracunan makanan. Jadi jangan membiarkan sakit perut berkepanjangan.3. Diabetes mendadak menyerang padahal sebelumnya sehatKanker pankreas menyerang pankreas yang berupa sistem pencernaan penjaga kadar gula darah dan pencernaan.Oleh karena itu, dapat dipastikan bahwa jika orang dewasa yang sehat terserang diabetes tiba-tiba, ada sesuatu yang salah.Timbulnya diabetes pada orang dewasa, khususnya diabetes tipe 2, seringkali tidak cukup sebagai tanda peringatan. Namun juga dikombinasikan dengan gejala lain, termasuk kanker pankreas.4. Penyakit kuningKebanyakan orang mengaitkan penyakit kuning dengan bayi baru lahir atau orang dewasa yang mengalami masalah hati.Tetapi tumor kanker dalam sistem pencernaan dapat dengan cepat memblokir saluran empedu tubuh, yang dapat menyebabkan penumpukan empedu dan mengakibatkan penyakit kuning.

Baca Juga: Pepaya, Buah Terbaik Teman Diabetes Untuk Kontrol Gula Darah

Baca Juga: Olahraga Renang Bisa Tingkatkan Kecerdasan Otak Bayi, Juga Optimalkan Perkembangannya

Seorang individu yang mengalami penyakit kuning akan mengembangkan rona kekuningan pada kulit mereka dan putih mata mereka.Penyakit kuning pada bayi diperlakukan sebagai penyakit yang terpisah, tetapi pada orang dewasa, penyakit ini hampir selalu berhubungan dengan kondisi lain, semisal kanker pankreas.

5. Sakit perutSakit perut dapat jelas terasa dengan jelas. Umumnya apapun makanan buruk atau virus yang menyebabkan sakit perut dapat sembuh dengan sendirinya.Namun dalam gejala kanker pankreas, akan lebih dari itu. Dikombinasikan dengan gejala-gejala lain, sakit perut sama sekali tidak boleh diabaikan.