Find Us On Social Media :

6 Jenis-jenis Sakit Kepala yang Paling Sering Terjadi dan Penyebabnya

Sakit kepala bisa terjadi karena hal sederhana seperti mengonsumsi minuman berkafein.

GridHEALTH.idSakit kepala merupakan salah satu gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh banyak orang.

Intensitas sakit kepala yang dirasakan cukup beragam, mulai dari ringan yang bisa diatasi dengan obat warung hingga berat dan perlu dapat perhatian khusus.

Dilansir dari Harvard Health Publishing, dokter tidak sepenuhnya memahami apa yang menyebabkan sakit kepala.

Mereka tahu kalau jaringan otak dan tengkorak tidak pernah bertanggung jawab karena mereka tidak mempunyai saraf yang mencatat rasa sakit.

Namun, pembuluh darah di kepala dan leher bisa menandakan rasa sakit, seperti halnya jaringan yang mengelilingi otak dan beberapa saraf utama yang berasal dari sana.

International Classification of Headaches Disorder, membagi sakit kepala dalam beberapa jenis, yang dikelompokkan dalam dua kategori, yakni primer dan sekunder.

Sakit kepala primer bukan gejala dari penyakit apapun. Sedangkan sekunder, mempunyai kondisi tertentu yang mendasarinya.

Dilansir dari Medical News Today, berikut ini beberapa jenis sakit kepala yang paling sering terjadi.

1. Migrain

 Baca Juga: Cara Efektif Cegah Sakit Kepala Saat Menjalankan Ibadah Puasa, Tips Dari Ahli

Sakit kepala migrain sering terjadi di salah satu sisi kepala atau bagian depan. Saat ini terjadi, seseorang jadi lebih peka terhadap cahaya, suara, dan bau. Bahkan hingga mengalami mual dan muntah.

Pemicu terjadinya migrain, yakni stres dan gangguan cemas, kurang tidur, perubahan hormon, melewatkan sarapan, dehidrasi, efek samping makanan atau obat, serta cahaya yang terlalu terang dan suara yang kencang.