Find Us On Social Media :

Mereka yang Belum Terinfeksi Covid-19 Hingga Saat Artinya Tidak Punya Teman

Mereka yang belum terinfeksi Covid-19 hingga saat ini artinya tidak punya teman.

GridHEALTH.id - Seorang dokter berpendapat, mereka yang hingga saat ini belum pernah terpapar Covid-19, dia tidak punya teman.

Menurutnya mereka itu kemungkinan memiliki masalah intrapersonal.

Hal itu disampaikannya, sebab untuk pandemi Covid-19 sekarang ini normalnya sulit sekali untuk tidak terpapar Covid-19.

Pendapat itu tentu membuat kaget banyak orang hingga menimbulkan kontroversi yang tajam di kalangan masyarakat.

Tapi hal itu bisa jadi ada benarnya.

Menurut dr. Gunadi PhD, Sp.BA, Ketua Tim Peneliti WGS SARS-CoV-2, FK-KMK UGM, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (UGM) saat melakukan penelitian Whole Genome Sequencing (WGS) rujukan dari Balai Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan (Balitbangkes), prihal lonjakan kasus COVID-19 di Kudus, Jawa Tengah setelah libur Idul Fitri 2021,faktor utama yang menyebabkan terjadinya lonjakan kasus karena adanya interaksi sosial.

Ya interaksi sosial yang masif dan pelanggaran protokol kesehatan saat libur Idul Fitri.

“Makin tinggi interaksi sosial yang terjadi, maka peluang terjadinya lonjakan kasus makin tinggi. Hipotesisnya adalah varian Delta sudah bertransmisi secara lokal di daerah Kudus karena masif. Bukan tidak mungkin transmisi lokal varian Delta sudah terjadi di daerah lain di Indonesia, hanya kita belum mendeteksi saja,” ungkap dr. Gunadi, pada saat itu, dikutip dari keterangan pers.Mengenai hal tersebut, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, Juru Bicara COVID-19 Kementerian Kesehatan menyampaikan suatu hal.

Baca Juga: Pria Dengan Ejakulasi Dini Bukan Berarti Tidak Subur, Ini Kata Ahli

Menurutnya lonjakan kasus yang terjadi pada 2021 pasca lebaran adalah akibat pergerakan masyarakat yang terus meningkat sejak awal Ramadan hingga puncaknya setelah Idul Fitri.

“Diperkirakan jumlah orang yang berpindah dari satu kota ke kota lainnya selama arus mudik ataupun arus balik mencapai 5 hingga 6 juta orang. Kondisi ini yang menjadi penyebab lonjakan kasus ditambah kendornya protokol kesehatan di masyarakat sehingga laju penularan virus di masyarakat penyebab semakin meningkat,” terang dr. Nadia, dikutip dari keterangan pers.

Kembali ke pendapat seseorang yang belum terinfeksi Covid-19 adalah orang tidak punya teman, seperti disampaikam oleh Ma Sang-hyuk, dari Korea Selatan, yang merupakan wakil presiden Masyarakat Vaksin Korea.