Find Us On Social Media :

StopPress: Menkes Sampaikan Prihal Endemi dan Polemik Pemecatan dr Terawan

Tanggapan Menteri Kesehatan Budi Gunadi soal perseteruan antara IDI dan Terawan.

GridHEALTH.id - Beberapa menit lalu (28/3/2022), Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan keterangan pers kepada media secara online.

Konfrensi pers online singkat yang diselenggarakan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan PublikKementerian Kesehatan RI, Budi memaparkan beberapa isu yang sedang hangat dan banyak dikejar awak media.

Seperti kita tahu, saat ini kasus Covid-19 di Indonesia stabil dan cenderung terus menurun dan turun.

Ini bisa diartikan Indonesia akan menuju era kebaikan dari pandemi yang sudah 2 tahun dijalani dengan penuh perjuangan dan kesedihan.

Tapi sejak beberapa waktu terakhir ini, kasus Covid-19 di Indonesia terus menurun.

"Turunnya kasus Covid-19 ini pertanda baik bagi kita semua. Indonesia segera akan masuk fase endemi," papar Menkes Budi, dalam konfrensi pers yang menyoroti Dinamika Profesi Kedokteran.

Stunting Menjadi Perhatian

Tapi Menkes Budi mengingatkan untuk tidak melupakan prihal stunting yang masih menjadi persolaan di Indonesia.

Mengenai stunting Menkes pernah menyampaikan prihal penanganan stunting yang akan masuk program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

"Kita masukkan ke paket BPJS agar bayi-bayi yang stunted agar bisa diadress di rumah sakit, jadi rujukan dan treatment-nya," ujar Budi saat konferensi pers usai rapat terbatas secara virtual, Selasa (11/1).

Baca Juga: Pentingnya Mencuci Penis Setelah Berhubungan Intim, Ini Alasannya

Budi menjelaskan nantinya akan dilakukan pengukuran berat badan dan tinggi badan terhadap bayi. Bayi yang mengalami kekurangan berat badan akan dirujuk ke Puskesmas.