Find Us On Social Media :

Deretan Menu Wajib Ada Saat Sahur Agar Energi Terjaga Sepanjang Hari

Nasi dan lauk-pauknya, ditutup dengan buah menu wajib di saat sahur.

GridHEALTH.id - Selama waktu makan di bulan Ramadan, keluarga Muslim biasanya akan berkumpul untuk menikmati hidangan yang berlimpah. Tak terkecuali di saat sahur.

Lantas apa lagi,  tidak ada cara yang lebih baik untuk menandai awal atau akhir puasa selain dengan makanan favorit kita.

“Saat memutuskan apa yang akan dimakan selama Ramadan, ingatlah bahwa buka puasa dan sahur membantu mempertahankan puasa kita keesokan harinya, jadi mengonsumsi makanan yang tepat itu penting,” dikutip dari Departemen Dietetics di Singapore General Hospital (SGH), anggota dari SingHealth.

Lalu, makanan apa yang cocok untuk dimakan sahur dan diusahakan selalu ada? Makanan sahur sehat bisa memberikan energi yang cukup untuk bertahan selama berjam-jam puasa.

Sahur harus mencakup makanan berikut:

1. Buah-buahan dan sayur-sayuran

Kaya serat, buah-buahan dan sayuran sangat penting selama puasa karena meningkatkan rasa kenyang dan membantu mencegah sembelit. Mereka juga mengandung vitamin, mineral dan fitokimia yang penting untuk kesehatan yang baik.

2. Nasi dan alternatifnya

Makanan karbohidrat berserat tinggi seperti beras merah dan roti gandum membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, membantu mempertahankan tingkat energi lebih lama.

Baca Juga: Bikin Kehausan Sepanjang Hari, 5 Makanan Ini Jangan Dimakan Saat Sahur

Baca Juga: Gangguan Batu Empedu, Hindari Mengonsumsi Makanan dan Minuman Ini

3. Daging dan alternatifnya