Find Us On Social Media :

Pantas Maia Estianty Mengalaminya, Ternyata Wanita Dua Kali Lebih Berisiko Mengalami Batu Empedu Dibanding Pria, Menurut Studi

Wanita dua kali lebih berisiko mengalami batu empedu,

GridHEALTH.id - Batu empedu adalah zat kecil seperti kerikil yang berkembang di kantung empedu.

Sementara itu, kantung empedu adalah kantung kecil berbentuk buah pir yang terletak di bawah hati di perut kanan atas.

Cairan yang disebut empedu membantu tubuh mencerna lemak. Empedu dibuat di hati kemudian disimpan di kantong empedu sampai tubuh membutuhkannya.

“Kandung empedu berkontraksi dan mendorong empedu ke dalam tabung yang disebut saluran empedu umum yang membawanya ke usus kecil, di mana ia membantu pencernaan,” kata Dr Ali Jasim, Spesialis Gastroenterologi, Rumah Sakit Zulekha, Sharjah di Uni Emirat Arab (UEA) dikutip dari Al Arabiya (07/04/2022).

Batu empedu bisa sekecil sebutir pasir atau sebesar bola golf. Kandung empedu dapat mengembangkan hanya satu batu besar, ratusan batu kecil, atau kombinasi keduanya.

Batu empedu dapat menghalangi aliran normal empedu jika mereka bergerak dari kantong empedu dan bersarang di salah satu saluran yang membawa empedu dari hati ke usus kecil.

Empedu yang terperangkap di saluran ini dapat menyebabkan peradangan di kantong empedu, saluran, atau dalam kasus yang jarang terjadi, hati.

Jika salah satu saluran empedu tetap tersumbat untuk jangka waktu yang signifikan, kerusakan parah atau infeksi dapat terjadi di kantong empedu, hati, atau pankreas.

Jika tidak diobati, kondisi ini bisa berakibat fatal. Tanda-tanda peringatan dari masalah serius adalah demam, penyakit kuning, dan nyeri terus-menerus.

Baca Juga: Gangguan Batu Empedu, Hindari Mengonsumsi Makanan dan Minuman Ini

Baca Juga: Nabi Muhammad SAW Tidak Pernah Mengeluarkan Sunnah Berbuka dengan Makanan Manis , Justru Ini Anjurannya

Wanita dua kali lebih mungkin dibandingkan pria untuk mengembangkan batu empedu. Penyebabnya diduga adalah kelebihan estrogen dari kehamilan, terapi penggantian hormon, dan pil KB.