Find Us On Social Media :

5 Khasiat Daun Pegagan Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mengatasi Insomnia

Ragam manfaat daun pegagan untuk kesehatan.

GridHEALTH.idDaun pegagan atau Centella asiatica merupakan tanaman yang sudah tidak asing lagi ditemukan dalam produk perawatan kulit.

Namun selain untuk merawat kecantikan kulit, daun pegagan ternyata juga dapat dijadikan sebagai obat.

Dilansir dari Medical news Today, tanaman yang bisa dengan mudah ditemukan di wilayah Asia ini, sudah sejak beberapa tahun yang lalu digunakan dalam pengobatan tradisional.

Selain karena sejarah penggunaan ramuan daun pegagan sebagai obat tradisional, ada juga beberap studi klinis yang sudah membuktikan khasiat tanaman tersebut bagi kesehatan.

Dalam pengobatan tradisional, daun pegagan sering digunakan untuk mengatasi diare, meningkatkan energi, hingga memperpanjang usia.

Berikut ini  sederet manfaat daun pegangan bagi kesehatan tubuh yang dilansir dari Mount Sinai.

1. Mempercepat penyembuhan luka

Daun pegagan mengandung bahan kimia yang disebut dengan triterpenoid. Dalam sebuah penelitian terhadap hewan, senyawa ini bisa membantu penyembuhan luka.

Beberapa penelitian juga menunjukkan triterpenoid yang punya kemampuan untuk memperkuat kulit, meningkatkan antioksidan pada luka, dan meningkatkan suplai darah ke area luka.

Baca Juga: Mengecilkan Pori-pori Wajah dengan Daun Kelor, dapatkan Juga 5 Manfaat Lainnya

Nah, karena adanya penelitian-penelitian tersebut, daun pegagan sering digunakan untuk mengatasi luka bakar ringan, psoriasis, mencegah terbentuknya luka pasca operasi, dan mengurangi stretch marks.

2. Anxiety