Find Us On Social Media :

Baru 10 Hari Jalani Puasa Ini yang Terjadi Pada Tubuh, Manfaatnya Bagi Kesehatan Bikin Termotivasi Tuntaskan Bulan Suci

Puasa ibarat detoks yang membersihkan tubuh dari racun.

GridHEALTH.id - Di luar kewajiban agama untuk menjalankan puasa Ramadan bagi yang mampu dan layak, banyak atau sedikit, kita pasti bertanya-tanya, apakah tidak makan dan minum selama 15 jam setiap hari bermanfaat bagi tubuh? Jawabannya adalah YA!

Nabi Muhammad SAW menekankan kebiasaan makan lebih sedikit sebagai metode pencegahan penyakit, sehingga lahir konsep puasa selama bulan suci Ramadan.

Sekolah kedokteran yang sangat prestisius di Amerikat Serikat, yaitu Harvard Medical School, telah membuat daftar manfaat kesehatan puasa selama Ramadan berikut ini.

Puasa Ramadan diibaratkan seperti detoks yang membersihkan seluruh jiwa dan raga, dan harapannya setelah membaca daftar manfaat ini, kita akan lebih termotivasi untuk menyelesaikan bulan suci Ramadan dengan hati yang gembira.

- Setelah tiga hari pertama jalani Ramadan.....

Baik kadar gula darah maupun tekanan darah turun. Tubuh memulai proses pembersihan, dan beberapa hari pertama adalah yang paling sulit karena biasanya disertai dengan sakit kepala, pusing, mual, dan rasa lapar yang hebat.

-  Setelah minggu pertama Ramadan......

Tubuh menjadi adaptif dengan jadwal puasa dan sistem pencernaan bisa beristirahat. Sistem pencernaan memfokuskan energinya untuk membersihkan tubuh dan menyembuhkan sel-sel saat sel darah putih dalam tubuh mulai menjadi lebih aktif. Selama tahap ini, organ-organ juga memulai proses perbaikannya.

- Setengah bulan Ramadan....

Baca Juga: Berpuasa Pada Saat Hamil di Trimester Dua Dapat Menurunkan Risiko Diabetes Gestasional

Baca Juga: Terjadi Luka di Kepala? Begini Cara Menghentikan Pendarahannya

Tingkat energi akan meningkat, pikiran kita dapat berkonsentrasi lebih baik, dan perasaan sehat secara keseluruhan menguasai pikiran kita.