Find Us On Social Media :

Berpuasa Pada Saat Hamil di Trimester Dua Dapat Menurunkan Risiko Diabetes Gestasional

Berpuasa dapat menghindari risiko diabetes gestasional.

GridHEALTH.id - Tidak diragukan lagi bahwa berpuasa membawa banyak manfaat kesehatan bagi yang melakukannya. Antara lain membersihkan tubuh seperti semacam detoks dan dapat menurunkan berat badan.

Tetapi  juga dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter sesuai dengan kondisi kesehatan masing-masing agar dapat berpuasa dengan lancar.

Dokter Yassin Yanuar MIB, SpOG,-KFER, M.Sc, Chief Executive Officer Bamed mengatakan, “Melihat kondisi Ramadan yang akan datang di tahun ini akan perlahan kembali normal, penyebaran Covid-19 dan penyakit yang timbul diluar Covid-19 pada cluster keluarga masih menjadi perhatian utama kami.

Meskipun mayoritas masyarakat sudah vaksin lengkap dan juga booster. Jangan sampai keluhan maupun pemeriksaan rutin bagi pasien dengan kondisi tertentu diabaikankan,” katanya pada Virtual Media Briefing 'Siap hadapi Ramadhan untuk keluarga Indonesia Amankah puasa bagi ibu hamil dan menyusui?' di Jakarta yang diadakan klinik Bamed (31/03/2022).

Berbicara tentang berpuasa bagi ibu hamil pada Virtual Media Briefing hari ini, dr. Muhammad Fadli, SpOG, Spesialis Kandungan dan Kebidanan Bamed mengatakan, “Sebuah penelitian menunjukkan berpuasa pada saat hamil di trimester kedua, dapat menurunkan risiko terkena penyakit gula pada saat kehamilan (diabestes gestasional) dan kenaikan berat badan yang berlebihan.

Namun sebelum berpuasa, sebaiknya berkonsultasi ke Dokter spesialis kandungan terlebih dahulu untuk memastikan keadaan ibu dan janin dalam keadaan yang prima.”

“Beberapa penelitian lainnya menunjukkan bahwa puasa juga tidak mengakibatkan bayi terlahir prematur ataupun bayi akan terlahir dengan berat badan lebih rendah dibandingkan yang tidak berpuasa,” jelasnya.

Tetapi menurut dr. Muhammad, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan ibu hamil sebelum puasa.

Yang paling utama yaitu memastikan berat badan janin sesuai dengan usia kehamilan, air ketuban mencukupi dan mengetahui tanda-tanda yang wajib diperhatikan, seperti berat badanibu ataupun janin turun, tanda-tanda dehidrasi seperti haus yang berlebihan, pusing, air seni kuning pekat ataupun merasakan gerakan bayi yang berkurang.

Baca Juga: Tips Agar Gula Darah Terkendali Pada Diabetes Gestasional Kehamilan

Baca Juga: Healthy Move, 8 Alasan Bulu Tangkis Bisa Jadi Pilihan Olahraga

Dalam paparannya, ia menjelaskan, “Penting untuk diperhatikan bahwa puasa saat hamil muda mungkin bisa sedikit berisiko bagi ibu hamil.