Find Us On Social Media :

Cara Mengendalikan Kadar Kolesterol Saat Puasa Ternyata Mudah, Ini Tips Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Penting untuk selalu mengendalikan kadar kolesterol saat puasa.

GridHEALTH.id - Saat menjalankan ibadah puasa, penting bagi kita mengendalikan kadar kolesterol tetap berada di angka normal.

Sebab saat buka puasa dan sahur, banyak dari kita yang cenderung terlalu banyak konsumsi makanan berlemak seperti gorengan, daging, hinga makanan bersantan.

Dimana berbagai makanan tersebut diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol tubuh.

Menurut penjelasan di mayoclinic.org (13/7/2019), kadar kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko berbagai komplikasi yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Ketika kadar kolesterol tinggi terjadi dalam waktu lama dan tidak segera diatasi, ini dapat mengembangkan timbunan lemak di pembuluh darah.

Kondisi ini dapat membuat darah tidak mengalir dengan baik di arteri.

Terkadang, endapan yang terjadi dapat pecah secara tiba-tiba dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Selama puasa, sumber kolesterol tertinggi tersering adalah asupan makanan pada saat berbuka puasa yang berlebih.

Di mana makanan yang dikonsumsi selama berbuka melebihi kebutuhan tubuh, sehingga banyak makanan tersebut disimpan dalam sel lemak dan menjadi kolesterol dalam tubuh.

Baca Juga: Jangan Berlebihan, Ini Porsi Nasi yang Ideal Saat Makan Sahur

Lantas bagaimana cara kita mengendalikan kolesterol selama puasa Ramadhan?

Dilasir dari Kompas.com (6/4/2022), dokter spesialis penyakit dalam di Primaya Evasari Hospital dr Hendra Gunawan, Sp.PD, mengatakan cara menjaga kadar kolesterol ialah mengonsumsi makanan yang bergizi.